PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS PROYEK UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 2 KOTA CIREBON

Siti Aisah, (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS PROYEK UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360079_siti aisah__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Aisah, “Penerapan Pembelajaran Praktikum Biologi Berbasis Proyek untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa MAN 2 Kota Cirebon”, Djohar Maknun, S.Si, M.Si dan Eka Fitriah, S.Si, M.Pd Pembelajaran biologi di MAN 2 Kota Cirebon yang lebih mendominasi berupa penyampaian materi dan bersifat verbalistik, siswa jarang diajarkan pembelajaran praktikum yang dapat menumbuhkan keterampilan dasar bekerja ilmiah, hubungan antara pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran praktikum diharapkan siswa mampu mengembangkan keterampilan dasar melakukan eksperimen. Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang terfokus pada konsep dan prinsip inti sebuah disiplin ilmu, memfasilitasi siswa untuk berinvestigasi, pemecahan masalah dan tugas-tugas bermakna, sedangkan penilaian kinerja adalah suatu penilaian yang meminta siswa untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan kelakuan kerjanya ke dalam berbagai tugas yang bermakna dan melibatkan siswa sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Dalam penelitian ini merupakan indikator KPS. Tujuan penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran praktikum biologi berbasis proyek untuk menumbuhkan keterampilan proses sains siswa pada konsep pencemaran lingkungan dan daur ulang limbah, untuk mengkaji perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diterapkan pembelajaran praktikum biologi berbasis proyek dan keterampilan proses sains siswa yang tidak diterapkan pembelajaran praktikum biologi berbasis proyek dan untuk mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran praktikum biologi berbasis proyek. Tempat penelitian di MAN 2 Kota Cirebon tahun ajaran 2011-2012, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X (n=68), kelas eksperimen X-D dan kelas kontrol X-A. instrumen penelitian terdiri dari lembar kerja siswa, lembar penugasan proyek, tes dan angket. Desain penelitian menggunakan True Experimental Design (Posttest-Only Control Design) dengan cara random sampling. Analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (non-parametrik independent). Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, menggunakan uji statistik product moment. Hasil dari penelitian sudah memenuhi kriteria proyek dan diterapkan dengan hasil yang baik, indikator yang nampak pada kelas eksperimen dinilai dengan persentase > 80 kriteria sangat baik dan baik dengan persentase 66 ≤ x ≤ 80, sedangkan kelas kontrol dinilai dengan persentase 66 ≤ x ≤ 80 kriteria baik dan cukup dengan persentase 50 ≤ x ≤ 65, untuk hasil tes dengan rata-rata 58,56 dan 56,41 dan untuk angket dengan kriteria baik. Hasil uji hipotesis 0,206 dengan signifikansi > 0,05 karena memiliki variance yang sama dari data postes sedangkan penilaian KPS uji Mann whitney diketahui perolehan nilai Asymtop signifikansi atau Asimp.Sig adalah 0,000, sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran praktikum berbasis proyek untuk menumbuhkan KPS siswa sudah memenuhi kriteria proyek yaitu baik begitupun dengan angket yang diberikan siswa merespon baik. Kata Kunci : Pembelajaran berbasis proyek, Penilaian kinerja,

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 03:54
Last Modified: 07 Jun 2017 02:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item