KONSEP REWARD DAN PUNISHMENT BAGI MURID DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI DI KALANGAN REMAJA

Suci Alvisahr, and Nurlela, and Iwan, (2021) KONSEP REWARD DAN PUNISHMENT BAGI MURID DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI DI KALANGAN REMAJA. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8 (1). pp. 1-14. ISSN 2654-3575

[img]
Preview
Text
Kompetensi Kepribadian.pdf

Download (612kB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Reward dan punishment merupakan salah satu metode pembelajaran.Reward dan punishment itu sendiri dilakukan agar murid menjadi disiplin dan memotivasi agar berbuat baik, banyak sekali ahli pendidikan yang menerangkan tentang ini diantaranya adalah al-Ghazali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep reward dan Punishment dalam perspektif al-Ghazali dan relevansi konsep reward dan punihment bagi murid dalam perspektif al-Ghazali dikalangan remaja saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pada dasarnya merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research, maka data yang metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa pemikiran al-Ghazali tentang rewarddapat dilakukan ketika anak melakukan perbuatan terpuji dengan cara memberikan penghormatan, hadiah atau pujian sedangkan punishmentdilakukan pada murid yang melakukan kegiatan tercela atau menyimpang, Al-Ghazali berpendapat bahwa menerapkan hukuman haruslah melalui beberapa tahap yang pertama dengan cara memberikan kesempatan kepada murid untuk memperbaiki perbuatannya, apabila cara pertama gagal maka tahap berikutnya dengan cara menasehatinya tanpa mengumbar kesalahannya, dan apabila masih mengulangi perbuatan yang sama maka dapat diberikan tahapan ketiga yaitu hukuman dengan cara memberikan hukuman yang ringan tanpa mencederai murid. Penerapan reward dan punishment masih relevan dilterapkan dikalangan remaja karena metode ini masih sering diterapkan dalam dunia pendidikan dengan syarat pemberian reward dan punishment disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:56
Last Modified: 24 Feb 2021 04:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4292

Actions (login required)

View Item View Item