ANALISIS POLA WACANA PEDAGOGIS GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI 7 CIREBON

DEDE CAHYATI SAHRIR, (2012) ANALISIS POLA WACANA PEDAGOGIS GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI 7 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360080_DEDE CAHYATI SAHRIR__ok.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

DEDE CAHYATI SAHRIR : “Analisis Pola Wacana Pedagogis Guru Biologi di SMA Negeri 7 Cirebon ”. Permasalahan yang berkembang di kalangan pengajar muda yang belum memiliki pengalaman dalam dunia pengajaran adalah membutuhkan profil seorang guru ideal yang disenangi oleh siswa. Analisis wacana pedagogis guru merupakan sebuah kajian yang menganalisis bahasa yang digunakan oleh guru di dalam kelas secara alamiah baik dalam bentuk lisan ataupun tulisan. Sebenarnya analisis wacana tidak hanya dapat mengungkap kualitas pengajaran seorang guru di kelas, tetapi merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengungkap proses belajar mengajar secara totalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil seorang guru Biologi yang terbaik di SMA Negeri 7 Cirebon berdasarkan kemampuannya dalam menyampaikan materi dan memberikan pemahaman kepada siswa. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah dengan mengamati tingkat relevansi penguasaan materi guru biologi pada indikator RPP, tingkat analisis wacana pedagogis guru menggunakan model representasi, tingkat analisis wacana pedagogis guru berdasarkan penyajian motif dan tingkat analisis wacana pedagogis guru berdasarkan level penyajian konsep. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode Kualitatif Deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri dengan melakukan observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seorang guru biologi yang dianggap guru biologi terbaik di SMA Negeri 7 Cirebon. Data utama yang diperoleh berupa rekaman audio visual, diubah kedalam bentuk teks atau transkripsi untuk dapat dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat relevansi penguasaan materi guru terhadap RPP yang dibuatnya dikatakan baik karena sebagian besar sudah teraktualisasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase tingkat relevansi indikator 90% materi terakomodasi, dan 10% tidak terakomodasi. Sementara itu, hasil analisis wacana pedagogis guru pada representasi teks mencapai struktur 5 level. Artinya semakin banyak konsep yang disampaikan guru dan semakin tinggi kompleksitas penguasaan materi guru. Analisis wacana pedagogis berdasarkan penyajian motif menunjukan bahwa motif yang dominan adalah motif eliciting yaitu sebesar 56%. Hal tersebut mengungkapkan bahwa dalam pengajarannya guru lebih banyak menggali pengetahuan siswa. Kemudian analisis wacana pedagogis berdasarkan level pencapaian konsep, menunjukan bahwa guru dalam pengajarannya masih sekitar 32% mengoptimalisasi kemampuan berfikir tingkat tinggi yaitu dengan pencapaian level classificatory dan level formal. Kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa guru yang baik menurut tanggapan guru dan siswa SMA Negeri 7 Cirebon adalah guru biologi yang mampu menyampaikan materi pembelajaran secara jelas, mampu menjaga hubungan dengan siswa, rekan guru dan atasannya, serta mampu merencanakan pembelajaran, menerapkan pembelajaran dan mengadakan evaluasi pembelajaran. Kata kunci: Profil guru, Analisis wacana pedagogis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 03:56
Last Modified: 06 Jun 2017 02:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item