PENGARUH PEMBELAJARAN LIFE SKILL PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ABIOTIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK PLUS FATAHILLAH GEGESIK KABUPATEN CIREBO

AIS HAMIDAH PURNAMA SARI, (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN LIFE SKILL PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ABIOTIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK PLUS FATAHILLAH GEGESIK KABUPATEN CIREBO. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360082_AIS HAMIDAH PURNAMASARI SARI__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

AIS HAMIDAH PURNAMA SARI: “PENGARUH PEMBELAJARAN LIFE SKILL PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ABIOTIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK PLUS FATAHILLAH GEGESIK KABUPATEN CIREBON” Pembelajaran life skill, menekankan pada kemampuan psikomotor siswa. Adapun dalam penelitian ini aspek psikomotor akan lebih dikembangkan ke arah afektif siswa sehingga pembelajaran tidak hanya akan menambah nilai akademik siswa namun juga kepada nilai afektif yang ditunjukkan dengan meningkatnya minat belajar siswa. Psikomotor yang dicapai berupa vocational skill yang meliputi pencapaian pembelajaran, meliputi keterampilan menyusun, melakukan, menyimpulkan, menyiapkan, serta mengaplikasikannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji penerapan Pembelajaran Life skill di SMK Plus Fatahillah pada mata pelajaran IPABiologi pokok bahasan lingkungan Abiotik (2) Mengkaji seberapa besar minat belajar siswa SMK Plus Fatahillah pada mata pelajaran IPABiologi pokok bahasan lingkungan Abiotik (3)Mengkaji seberapa besar pengaruh pembelajaran Life skill terhadap minat belajar siswa SMK Plus Fatahillah pada mata pelajaran IPA-Biologi pokok bahasan Lingkungan Abiotik Pembelajaran life skill dilaksanakan dengan menerapkan pembuatan alat filtrasi sederhana sebagai produk life skill yang kemudian diuji coba keberhasilannya. keterampilan yang dipacu dalam pembelajaran ini merupakan aspek psikomotor siswa, yang kemudian akan mempengaruhi aspek afektif siswa dengan tumbuhnya minat belajar siswa melalui pembelajaran ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengambilan sampel diambil secara random dengan ketentuan 25% dari populasi. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas, yakni eksperimen dan kontrol. Instrument penelitian menggunakan observasi dan angket. Data yang didapatkan diolah dengan uji normalitas, homogenitas, uji mann whitney dan regresi linier sederhana atau tunggal. Setelah dilakukan penelitian dan olah data ternyata (1)Pembelajaran life skill berhasil dilaksanakan dengan prosentase 80% (2)Siswa mengalami peningkatan minat belajar sebesar 97% yang dibuktikan dengan uji n gain, sedangkan pertumbuhan minat belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol berbeda secara signifikan setelah dilakukan uji mann whitney. (3)Berdasarkan uji regresi terdapat pengaruh sebesar 0,744x dari konstanta 9,333 minat belajar siswa dapat dicapai dengan pembelajaran life skill sedangkan sisanya oleh faktor lain. Kata kunci : life skill, minat belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:00
Last Modified: 06 Jun 2017 01:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item