HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI (Penelitian di Kelas VII di SMP 2 Negeri Losari Kabupaten Cirebon)

Abdul Rosyid, (2012) HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI (Penelitian di Kelas VII di SMP 2 Negeri Losari Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDUL ROSYID_50540722__ok.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abdul Rosyid. NIM 50540722. “Hubungan Emotional Quotient (EQ) dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA-Biologi (Penelitian di Kelas VII di SMP 2 Negeri Losari Kabupaten Cirebon)”. Skripsi. Cirebon:Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Melihat kenyataan bahwa rendahnya hasil belajar siswa terutama disebabkan oleh kurang baiknya kecerdasan emosional yang dimiliki siswa sehingga menimbulkan nilai hasil belajar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dari hasil wawancara dengan guru yang mengajar diketahui bahwa siswa cenderung menunjukkan sikap kurang positif dalam belajar. Antusiasme siswa selama pelajaran berlangsung kurang bagus, sehingga siswa lebih banyak sibuk sendiri sehingga interaksi antara guru dan siswa minim sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Emotional Quotient (EQ) siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 2 Losari Kabupaten Cirebon, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPABiologi di SMP Negeri 2 Losari Kabupaten Cirebon dan untuk mengetahui hubungan Emotional Quotient (EQ) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA-Biologi di SMP Negeri 2 Losari Kabupaten Cirebon. Emotional Quotient (EQ) merupakan kemampuan merasakan, memahami, dan secara efektif menerapkan daya serta kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi, koneksi, dan pengaruh yang manusiawi. Dengan menerapakan EQ maka dapat mengembangkan daya pikir dan penerapan ilmu pendidikan yang telah dipelajari di perkuliahan terkait dengan kecerdasan emosional dan kreativitas belajar. Disamping itu, menambah kesiapan peneliti untuk menjadi seorang pendidik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Losari Kabupaten Cirebon pada semester gasal tepatnya pada tanggal 20 Januari sampai dengan 20 Maret 2010. Instrumen yang digunakan adalah test awal dan test akhir untuk mengukur hasil belajar siswa serta angket untuk mengetahui respon Emotional Quotient (EQ) siswa dalam pembelajaran IPA-Biologi. Populasi yang diambil yaitu seluruh kelas VII SMPN 2 Losari Kabupaten Cirebon. Sampel yang digunakan adalah kelas VII yang berjumlah 32 siswa dengan menggunakan sampel random (random sampling) atau teknik undian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rekapitulasi angket sebesar (70.0%) siswa menjawab sangat setuju dengan kategori baik terletak pada rentang 55% - 74%, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA-Biologi rata-rata 58.0 dengan kriteria tinggi ini terletak pada rentang 30 ≤ N- g ≤ 70 dan pengaruh antara variable X dan Y sebesar 0.717 dengan kategori tinggi terletak pada rentang 0,70 – 0,90. Ini membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak terdapat hubungan antara Emotional Quotient dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA-Biologi di kelas VII SMP Negeri 2 Losari Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:20
Last Modified: 06 Jun 2017 01:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item