PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kandanghaur)

Abdul Syukur, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kandanghaur). Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDUL SYUKUR_58461203__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abdul Syukur (58461203) : Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kandanghaur Indramayu). Pendidikan di sekolah tidak dapat lepas dari proses pembelajaran dan interaksi antara guru dan siswa. Pembelajaran yang unggul memerlukan para guru yang profesional. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas kreatif dan keterampilan berpikir kreatif siswa adalah dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang sesuai, model pembelajaran yang merangsang siswa dalam memecahkan masalah dengan menggunakan tahap kreatif adalah model pembelajaran Creative Problem Solving. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan mengkaji penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving, peningkatan keterampilan berpikir siswa pada pokok bahasan saling ketergantungan dalam ekosistem dengan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving. Metode yang digunakan adalah Classrom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sejumlah siswa-siswi kelas VII A SMP Negeri 1 Kandanghaur Indramayu dengan jumlah 36 siswa. Pengumpul data penelitian menggunakan format lembar observasi keterampilan berpikir kreatif siswa, angket dan tes keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa, ditunjukan oleh presentase kriteria A pada siklus I sebesar 0,00%, siklus II 27,78% dan siklus III 44,44%. Kriteria B pada siklus I sebesar 30,46%, siklus II 47,22% dan siklus III 41,67%. Kriteria C pada siklus I sebesar 38,89%, siklus II 25% dan siklus III 13,89%. Untuk kriteria D pada siklus I 30,56%, siklus II 00,00% dan pada siklus III 00,00% dan kriteria E pada siklus I, siklus II dan siklus III tidak diperoleh data atau 0%. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving adalah baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan aktifitas kreatif siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan mendapatkan respon positif dari siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:21
Last Modified: 06 Jun 2017 01:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item