PENINGKATAN KAPASITAS KEMAMPUAN MAHASISWA KPI MELALUI KEGIATAN PPL

Aan Mohamad Burhanudin, (2019) PENINGKATAN KAPASITAS KEMAMPUAN MAHASISWA KPI MELALUI KEGIATAN PPL. LP2M, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon. ISBN 978-623-94412-1-0

[img]
Preview
Text
Aan Moh Burhanudin __ FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menawarkan studi komunikasi yang terintegrasi dengan penyiaran dan dakwah Islam. Studi dijurusan KPI diorientasikan kepada dua konsentrasi, yaitu konsemtrasi juranlistik dan konsentrasi broadcasting. Konsemtrasi jurnalistik diarahkan untuk mencetak alumninya menjadi seorang wartawan hebat, praktisi media, ataupun analis media massa. Sementara konsentrasi broadcasting lebih diarahkan untuk mencetak sarjana yang unggul dalam bidang penyiaran, baik radio, dan televisi. Namun demikian secara kontektual kedua konsentrasi tadi belum berjalan secara proporsional dan berkulaitas, sehingga perlu dilakukan langkah strategis agar keduaanya berjalan secara sinergis. Berdasarkan latar belakang di atas penulis menyimpulkan masalahnya yakni: Bagaimana Penetapan program PPL dijurusan KPI? Bagaimana pelaksanaan PPL mahasiswa jurusan KPI?. Adapun Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui penetapan program ppl dijurusan KPI, dan Untuk mengetahui pelaksanaan PPL mahasiswa jurusan KPI. Metode yang dipakai dalam penelitian adalah Jenis Penelitian, Karena data dalam penelitian ini berbentuk kata-kata, gambar, dan sedikit angka yang di analisis dalam terminologi respons-respons individual, maka metode penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif.. Penelitian kualitatif ini secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode studi kasus. Sebagaimana pendapat Lincoln dan Guba (Sayekti Pujosuwarno, 1992: 34) yang menyebutkan bahwa pendekatan kualitatif dapat juga disebut dengan case study ataupun qualitative, yaitu penelitian yang mendalam dan mendetail tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan subjek penelitian. Sumber Data, yaitu: Data Primer, atau data pokok yang di dapat dari lokasi penelitian yakni Jurusan KPI IAIN SNJ Cirebon- Kota Cirebon, Data sekunder yaitu data pendukung penelitian yang di dapat dari selain dari pada data primer, seperti referensi buku karya ilmiah, internet serta dokumen-dokumen, yang peneliti sendiri tidak dapat menjamin kualitas mutunya, dengan kata lain peneliti hanya bisa menjelaskan dengan apa adanya. (Sumadi Suryabrata, 2011 : 35). Teknik Pengumpulan Dataa yang penulis pergunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah sebagai berikut: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Adapun Teknis penganalisisan data ini dilakukan secara tiga tahap, dengan penjelasan sebagai berikut: Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan Verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah Penetapan Kegiatan PPL terdiri dari: Penetapan Kegiatan dan waktunya, Penetapan DPL, Penetapan Pamong, Penetapan Lokasi, Penetapan Praktekan. Adapun Pelaksanaan PPL adalah Alur pelaksanaan: Pendaftaran, Pelepasan, Penyusunan rencana kegaiatan, Penerjunan ke lokasi, Pelaksanaan PPl, Pembuatan laporan, Ujian, sedangkan Pelaksana PPL, yaitu Panitia, Mahasiswa, Dosen Pembimbing, Pamong, Penguji

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Mar 2021 04:04
Last Modified: 13 Mar 2021 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4375

Actions (login required)

View Item View Item