EFEKTIFITAS METODE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN VIRUS SISWA KELAS X SMAN 1 ANJATAN KABUPATEN INDRAMAYU

AHIB M SOMAD, (2012) EFEKTIFITAS METODE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN VIRUS SISWA KELAS X SMAN 1 ANJATAN KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ahib M. SOMAD_07460887__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

AHIB M SOMAD : “EFEKTIFITAS METODE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN VIRUS SISWA KELAS X SMAN 1 ANJATAN KABUPATEN INDRAMAYU” Upaya untuk mencapai pembelajaran yang memuaskan terutama dalam pembelajaran IPA Biologi, tentu harus ada metode atau strategi pembelajaran yang tepat. Usaha untuk melakukan perbaikan terhadap hasil belajar siswa dapat diterapkan strategi yang sesuai dengan topiknya. Strategi tertentu merupakan titik tolak atau sudut pandang kita dalam memandang seluruh masalah yang ada dalam program belajar mengajar. Guna meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengkaji mengenai kondisi pembelajaran metode STAD siswa pada pokok bahasan virus di kelas eksperimen, (2) Mengkaji mengenai peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan virus di kelas yang menerapkan metode pembelajaran STAD, dan (3) Mengkaji mengenai perbedaan hasil belajar siswa pada pokok bahasan virus antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran STAD dengan kelas yang tidak menerapkan metode pembelajaran STAD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Anjatan Indramayu dengan sampel 2 kelas yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol, dimana masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji gain, uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) cukup baik kondisi pembelajaran metode STAD siswa pada pokok bahasan virus di kelas eksperimen, hal ini dilihat berdasarkan hasil statistik deskriptif yang menunjukkan 12,50 pada nilai rata-rata (mean). (2) terdapat Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Virus di Kelas yang Menerapkan Metode Pembelajaran STAD, hal ini dilihat dari uji independent samples test (t) yang menunjukkan 0,000 pada nilai signifikansi atau Sig (2-tailed). (3 terdapat Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Virus Antara Kelas Yang Menerapkan Metode Pembelajaran STAD Dengan Kelas Yang Tidak Menerapkan Metode Pembelajaran STAD, hal ini dapat dilihat dari hasil uji uji independent samples test (t) yang menunjukkan nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) adalah 0,000. Apabila dibandingkan, maka nilainya akan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), dengan demikian berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 07:07
Last Modified: 05 Jun 2017 07:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item