PENERAPAN PEMBELAJARAN PORTOFOLIO MELALUI PRAKTIKUM PEMBUATAN YOGHURT UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTOR SISWA PADA POKOK BAHASAN MIKROORGANISME KELAS X SMK PLUS FATAHILLAH GEGESIK KABUPATEN CIREBON

AULIA UR RAHMAN PERWIRA PUTRA, (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN PORTOFOLIO MELALUI PRAKTIKUM PEMBUATAN YOGHURT UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTOR SISWA PADA POKOK BAHASAN MIKROORGANISME KELAS X SMK PLUS FATAHILLAH GEGESIK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AULIA UR ARHMAN P.P_07460889___ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

AULIA UR RAHMAN PERWIRA PUTRA : PENERAPAN PEMBELAJARAN PORTOFOLIO MELALUI PRAKTIKUM PEMBUATAN YOGHURT UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTOR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN MIKROORGANISME KELAS X SMK PLUS FATAHILLAH GEGESIK KABUPATEN CIREBON Pembelajaran biologi yang berhubungan dengan mikroorganisme, sampai saat ini masih masih didominasi oleh pendidikan ekspositorik dan hanya mengejar target yang berorientasi pada ujian akhir, sehingga dalam pembelajaran tersebut para siswa selalu diposisikan sebagai pemerhati ceramah guru. Portofolio sebagai model pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu kumpulan pekerjaan peserta didik dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduanpanduan yang ditentukan. Panduan-panduan ini beragam tergantung pada mata pelajaran dan tujuan penilaian portofolio itu sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah ; (1) Untuk mengkaji seberapa besar hasil penerapan pembelajaran portofolio pada proses pembuatan yoghurt di sekolah, (2) Untuk mengkaji seberapa besar peningkatan hasil belajar dan aspek psikomotor siswa setelah diterapkan pembelajaran portofolio, (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran portofolio pada pokok bahasan mikroorganisme. Metode penelitian ini adala kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan dengan menggunakan desain penelitian pretest and postest group. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah Random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan data hasil Tes mengenai Pembelajaran biologi berbasis portofolio baik dari tes awal maupun tes akhir diperoleh peningkatan hasil yang cukup signifikan dimana pada tes awal (pre test) yaitu pada saat sebelum siswa diberikan materi mengenai mikroorganisme, dari 20 soal yang diberikan kepada siswa, diperoleh nilai tertinggi sebesar (=60) dan terendah (=25) dengan rata – rata kelas 38. Sedangkan hasil tes akhir (post test) nilai tertinggi pada saat post test adalah (=100) dan terendah (=65) dengan rata – rata kelas 88, 25. Jadi dari hasil di atas penerapan pembelajaran portofolio pada proses pembuatan yoghurt sub pokok bahasan mikroorganisme mengalami peningkatan. Sedangkan Pada penilaian psikomotor SMK Plus Fatahillah berada di range baik dan dari hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran biologi meningkat. Hasil penerapan pembelajaran portofolio di sekolah SMK Plus Fatahillah cukup memuaskan, baik dilihat dari hasil tes, observasi maupun angket siswa.. Dari pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran portofolio pada pokok bahasan mikroorganisme, didapati peningkatan sikap psikomotor siswa SMK Plus Fatahillah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 07:19
Last Modified: 17 Jul 2017 08:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item