PENGARUH PENERAPAN ASESSMEN RUBRIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SUB POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII MTs NEGERI KARANGKENDAL

DANI SOFILAH, (2012) PENGARUH PENERAPAN ASESSMEN RUBRIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SUB POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII MTs NEGERI KARANGKENDAL. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DANI SOFILLAH_07460890__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

DANI SOFILAH: Pengaruh Penerapan Asessmen Rubrik Terhadap Keterampilan Proses Sains Sub Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan Di Kelas VIII MTs Negri Karangkenda Penelitian ini dilakukan karena dalam praktikum guru hanya menilai laporan praktikum tanpa memperhatikan keterampilan proses yang dimiliki siswa. Sehingga keterampilan proses yang dimiliki siswa tidak dapat berkembang dan penilaian tidak dilaksanakan secara obyektif. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu instrumen penelitian yang dapat menilai keterampilan proses sains, sehingga penilaian dapat dilaksanakan secara obyektif dan siswa lebih semangat dalam pelaksanakan praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji standar asesmen rubrik yang digunakan dalam menilai keterampilan proses pada praktikum membuat kecambah kacang hujau, penerapan asesmen rubrik untuk meningkatkan nilai keterampilan proses sains siswa, dan pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan kognitif siswa. Dalam suatu pembelajaran, penilaian terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dalam sains biasa disebut dengan keterampilan proses sains (KPS). Untuk menilai KPS siswa diperlukan suatu instrumen yang mencakup indikator-indikator Keterampilan Proses Sains, sehingga kemampuan siswa dapat dinilai secara obyektif. Instrumen yang digunakan adalah assesmen rubrik. Selain sebagai alat penilaian, rubrik ini diharapkan dapat meningkatkan KPS yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Negri karangkendal dengan subjek penelitian sebanyak 39 siswa yang berasal dari kelas VIII B . Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi rubrik untuk menilai keterampilan proses sains siswa pada kegiatan praktikum dan tes tertulis untuk mengetahui nilai penguasaan kognitif siswa. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, prosentase data, uji anova dan uji regresi. Hasil penelitian ini adalah instrumen rubrik yang telah dibuat melalui prosedur modifikasi, penyusunan dan penentuan gradasi, dan validasi isi sehingga telah layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Penerapan asesmen rubrik melalui PTK sangat efektif, hal ini terbukti observasi on task dan KPS siswa meningkat setiap siklusnya. Nilai KPS yang diperoleh selama penelitian ini adalah Keterampilan merencanakan percobaan sebesar 91,67%, keterampilan menggunakan alat dan bahan sebesar 73,72%, keterampilan melakukan percobaan sebesar 84,62% dan keterampilan menginterpretasi sebesar 87.82%. Berdasarkan uji anova diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel (84.452>3.26) maka keterampilan proses siswa dari siklus 1 sampai 3 terdapat perbedaan. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara KPS siswa dengan penguasaan kognitif siswa melalui uji regresi dengan nilai sig. 0.000 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, asesmen rubrik dapat dijadikan alternatif penilaian yang dapat memotivasi siswa dalam pelaksanaan praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains yang dimiliki siswa. Kata Kunci : Assesmen Rubrik, Keterampilan Proses Sains (KPS)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 07:23
Last Modified: 06 Jun 2017 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item