PENERAPAN JURNAL BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN (Penelitian di Kelas VII SMP Negeri 2 Palasah, Majalengka)

ENDAH TRIANA, (2012) PENERAPAN JURNAL BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN (Penelitian di Kelas VII SMP Negeri 2 Palasah, Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ENDAH TRIANA_58461214__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ENDAH TRIANA : “Penerapan Jurnal Belajar terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Penelitian di Kelas VII SMP Negeri 2 Palasah, Majalengka)” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam proses dan kegiatan belajarnya. Guru umumnya kurang memanfaatkan metode atau cara belajar yang baru dan juga jarang melakukan inovasi dalam pembelajaran. Kebanyakan siswa tidak menyampaikan apa yang menjadi kendalanya dalam proses pembelajaran atau tidak menyampaikan kesulitan apa yang dialaminya, hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar rendah. Jurnal belajar adalah wadah yang memuat hasil refleksi dalam bidang pembelajaran yang diperuntukan bagi peserta didik. Peserta didik mengisinya dengan hasil bacaan, hasil diskusi, refleksi terhadap temuan dalam pembelajaran, hasil pengamatan, hasil abstraksi atau apa saja yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Palasah. (2) Untuk mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan jurnal belajar dengan siswa yang tidak menerapkan jurnal belajar pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan. (3) Untuk mengkaji respon siswa dalam penerapan jurnal belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Palasah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes (pretes dan postes) dan angket. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.0 for window melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 55,85 dan 71,95, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata sebesar 44,50 dan 60,55. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan jurnal belajar dengan siswa yang tidak menerapkan jurnal belajar dengan nilai signifikansi 0,035 berdasarkan uji T dengan thitung sebesar 2,182. Jika dibandingkan nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,035 < 0,05), hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan jurnal belajar lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menerapkan jurnal belajar. (3) Respon siswa terhadap penerapan jurnal belajar pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Palasah sebesar 42,1% menjawab sangat setuju, hal ini berarti penerapan jurnal belajar bersifat baik untuk dilaksanakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 07:29
Last Modified: 06 Jun 2017 03:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item