PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA CIREBON

EPA PUSPIANA, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EPA PUSPIANANA_58461168__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EPA PUSPIANA : Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Cirebon. Salah satu masalah yang yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Akibatnya, ketika anak didik lulus dari sekolah mereka pintar teoritis tetapi mereka miskin aplikasi. Adapun pendekatan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; seberapa besar peningkatan berpikir kreatif siswa antara yang menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan yang menggunakan Pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Pencemaran dan Kerusakan lingkungan, perbedaan peningkatan berpikir kretif siswa antara yang menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan yang menggunakan Konvensional) pada pokok bahasan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, respon siswa terhadap penerapan Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah, tes berpikir kreatif dan angket respon siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Cirebon yang berjumlah 273 siswa. pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling, yaitu kelas VII E yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol . Hasil penelitian diperoleh bahwa Penerapan pembelajaran PBL dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa pada pada pokok bahasan ekosistem di Kelas VII di SMP Negeri 9 Kota Cirebon, hasil analisis data kelas eksperimen diketahui rata-rata (mean) pretes 55.74 sedangkan pada postes didapatkan rata-rata (mean) 70.92 maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen dan hasil analisis data kelas kontrol diketahui rata-rata (mean) pretes 47.13 sedangkan pada postes didapatkan rata-rata (mean) 59.72 maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan berpikir kreatif siswa di kelas control, hasil analisis data diketahui N-Gain eksperimen rata-rata (mean) 0,34 dan N-Gain kontrol rata-rata (mean) 0,23, maka dapat diketahui bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan PBL dan yang tidak, Respon siswa terhadap Penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tergolong baik dengan presentase rata-rata 80,89% dengan kriteria kuat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 07:33
Last Modified: 06 Jun 2017 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item