PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MA NUSANTARA ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON

FERYANTO, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MA NUSANTARA ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FERYANTO_07460856__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

FERYANTO : Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Ma Nusantara Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Pentingnya video sebagai media pembelajaran adalah memiliki kemampuan untuk memaparkan sesuatu yang rumit atau komplek serta sulit di jelaskan dengan hanya gambar atau kata-kata saja. Dengan kemampuan ini maka media video pembelajaran dapat digunakan untuk menjelaskan materi yang secara nyata. Ada tiga jenis format video yaitu video tanpa sistem kontrol, misalnya untuk pause, memperlambat kecepatan pergantian frame, zoom in, zoom out dan lain sebagainya, video dengan sistem kontrol dan video manipulasi langsung, dimana guru dapat berinteraksi langsung dengan kontrol navigasi. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengkaji bagaimana hasil belajar siswa dalam penggunaan video terhadap hasil belajar siswa pada konsep Keanekaragaman Hayati di kelas X MA Nusantara Arjawinangun. Untuk mengkaji penggunaan media video berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi pada konsep keanekaragaman hayati di kelas X MA Nusantara Arjawinangun. Untuk mengkaji bagaimana respon siswa dengan penggunaan media video pada konsep Keanekaragaman Hayati di kelas X MA Nusantara Arjawinangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan test formatif dan angket pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Nusantara Arjawinangun yang berjumlah 70 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu kelas X A dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X B dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data uji descriptive gain kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari 35 orang sampel gain eksperiment artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperiment dan kelas kontrol. Penggunaan Media Video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep Keanekaragaman Hayati, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain artinya bahwa Penggunaan Media Video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan interpretasi skor angket respon Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas eksperimen yang berjumlah 10 item pernyataan pada konsep Keanekaragaman Hayati di kelas X Ma Nusantara Arjawinangun Kabupaten Cirebon. bahwa mayoritas siswa kelas eksperiment menyatakan Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa sangat kuat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:16
Last Modified: 06 Jun 2017 04:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item