PENGARUH PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI INDERA DI SMAN 1 DUKUPUNTANG

FITRI AGUSTIEN, (2012) PENGARUH PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI INDERA DI SMAN 1 DUKUPUNTANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRI AGUSTIEN_58461217__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

FITRI AGUSTIEN : “Pengaruh Praktikum terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Indera di SMAN 1 Dukupuntang”. Pembelajaran IPA Biologi yang dilaksanakan di SMAN 1 Dukupuntang saat ini masih terpusat pada guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat informasi yang disampaikan guru. Rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat mempengaruhi keterampilan berfikir kritis siswa. Salah satu metode yang menunjang siswa dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritisnya yakni melalui kegiatan praktikum. Praktikum adalah salah satu cara mengajar, di mana siswa melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi guru. Dengan metode praktikum, siswa melakukan kegiatan menganalisis, memberikan argumen, mengevaluasi dan membuat kesimpulan sehingga berdampak pada keterampilan berfikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji keterampilan berfikir kritis siswa pada materi indera di kelas yang menggunakan praktikum dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) untuk mengkaji pengaruh praktikum terhadap keterampilan berfikir kritis siswa pada materi indera di SMAN 1 Dukupuntang; (3) untuk mengkaji respon siswa pada metode praktikum di kelas XI IPA di SMAN 1 Dukupuntang. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan berfikir kritis siswa pada materi indera. Populasi dalam penelitian ini adalah 155 siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Dukupuntang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 38 dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 38. Setelah data diperoleh lalu dianalisis menggunakan persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi, dan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berfikir kritis siswa yang menggunakan metode praktikum, rata-rata nilai pretesnya sebesar 40,75% dan rata-rata nilai postesnya sebesar 74,5%, sedangkan keterampilan berfikir kritis siswa yang menggunakan metode konvensional, rata-rata nilai pretesnya sebesar 35,5% dan rata-rata nilai postesnya sebesar 64,5%. Berdasarkan hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,208 serta signifikansi sebesar 0,034. Karena thitung (2,208) lebih besar dari ttabel (2,028) maka Ho ditolak, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran praktikum terhadap keterampilan berfikir kritis siswa pada meteri indera di SMAN 1 Dukupuntang. Hal tersebut diperkuat oleh respon siswa terhadap metode praktikum pada materi indera sebesar 25,5% menyatakan sangat setuju, 46,3% menyatakan setuju, 21,2% menyatakan tidak setuju, dan 7% menyatakan sangat tidak setuju.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:21
Last Modified: 06 Jun 2017 04:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item