PENERAPAN PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMAN 2 MAJALENGKA

HENI RISNAWATI, (2012) PENERAPAN PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMAN 2 MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HENI RISNAWATI_58461222__ok.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

HENI RISNAWATI: PENERAPAN PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMAN 2 MAJALENGKA. Penelitian ini dilatar belakangi adanya kegiatan pembelajaran yang cenderung menerapkan penguasaan konsep, dimana siswa hanya menghapal dan menerima materi atau konsep dari guru tanpa membuktikan teori tersebut sesuai konsep yang ada. Selain itu proses pembelajaran Biologi dilakukan oleh guru hanya terbatas pada transfer informasi, sehingga kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi langsung dengan benda-benda kongkrit. Penekanan pada penyampaian materi dari buku paket yang ada sehingga keadaan ini mendorong siswa untuk menghafal saja sehingga konsep hanya diingat ketika ulangan kemudian lupa. Dan metode mengajar yang selama ini berpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang dilatih keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains merupakan pendekatan dalam proses pembelajaran yang dirancang sehingga siswa menemukan fakta, konsep dan teori dengan keterampilan intelektual dan sikap ilmiah siswa sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan observasi langsung dengan menggunakan instrumen lembar observasi, instrumen tes (pretest dan postest) dan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan metode praktikum dengan jumlah siswa 32 dan 1 kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan metode konvensional dengan jumlah siswa 32. Data hasil penelitian kemudian di analisis dengan rumus uji normalitas,uji homogenitas, uji t dan uji hipotesis. Aktivitas siswa pada aspek keterampilan proses sains dapat diketahui nilainya sesuai apa yang dilakukan pada lembar penilaian observasi yaitu pada aspek mengamati, klasifikasi, interpretasi, meramalkan, dan berkomunikasi. Adanya perbandingan hasil tes pretes, postes antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Angket diberikan kepada siswa untuk mengetahui respon setelah melakukan kegiatan praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada aspek mengamati , klasifikasi, interpretasi, berkomunikasi mengalami peningkatan dari kriteria rendah menjadi cukup dan aspek meramalkan termasuk kriteria rendah. Selain itu terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dapat dilihat dari hasil uji t fisher dengan hasil ttabel > thitung. Sedangkan hasil uji hipotesis menyatakan tidak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dan pada respon siswa terhadap penerapan praktikum berbasis lingkungan pada materi ekosistem tergolong cukup dengan persentase 51,5%

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Sejarah Pendidikan
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:24
Last Modified: 06 Jun 2017 04:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item