PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN 8 KOTA CIREBON

Lina Marlina, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LINA MARLINA_58461265__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lina Marlina : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Pada Materi Pengelolaan Lingkungan Kelas VII Di SMPN 8 KOTA CIREBON. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran IPA masih didominasi oleh guru (teacher center) dengan metode konvensional. Pada proses pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa ikut serta dalam pembelajaran. Akibatnya siswa merasa jenuh, tidak termotivasi, tidak dapat mengembangkan pengetahuan yang akhirnya mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi rasa jenuh/bosan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay dalam memahami materi Pengelolaan Lingkungan dengan baik supaya proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Course Review Horay merupakan tipe model pembelajaran berkelompok dengan jumlah siswa 4-5 siswa. Pembelajaran Course Review Horay tidak hanya membantu siswa untuk mudah memahami materi pelajaran. Pembelajaran Course Review Horay juga melatih siswa untuk mencapai tujuan-tujuan hubungan sosial yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Pretest-Posttest Contol Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 8 KOTA CIREBON dengan teknik pengambilan sampel secara simple random dan didapatlan kelas VII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan lembar observasi, angket dan tes berupa pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitas. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pengeloalaan Lingkungan antara siswa kelomok kontrol (proses pembelajaran tidak menggunakan pembelajaran Course Review Horay ) dan siswa kelompok eksperimen (proses pemmbelajaran dengan Course Revie Horay ). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol 0.27 dan N-Gain kelas eksperimen 0.71. Dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji Nonparametik test (Mann Whitney) didapatkan nilai Z -4.600 dan Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka Ha diterima. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay dari lima aspek yaitu perhatian, rasa ingin tahu, keberanian, sifat menghargai dan kerjasama mengalami peningkatan dari cukup menjadi sangat baik. Selama proses pembelajaran dengan Course Review Horay aspek kerja sama siswa mengalami peningkatan. Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay sangat setuju dan senang (37%) Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajaranya dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Revie Horay lebih tinggi dibandingkan nilai hasil belajar siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Revie Horay Kata Kunci : Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay , IPA dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:27
Last Modified: 06 Jun 2017 06:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item