Revitalisasi kurikulum dan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keberagamaan siswa sekolah menengah atas

Anda Juanda, AJ and Mahdi, MA and Tati Nurhayati, (2020) Revitalisasi kurikulum dan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keberagamaan siswa sekolah menengah atas. LP2M, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon. ISBN 978-623-6672-01-3

[img] Text
Buku Monograf 2020 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Substransi tujuan penelitian mendeskripsikan revitalisasi kurikulum dan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah SMAN. Pendekatan penelitian positvistik dan fenomenologi. Pendekatan penelitian positivistic pengolahan data berdasarkan uji statistic. Pendekatasn fenomenologi mengungkap perilaku subjek secara natural. Metode penelitiaan memadukan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pengeumpulan data kuantitatif: angket. Analisis data kualitatif berdasarkan: validitas internal, validitas eksternal, realibilitas, objektivitas data. Analisis data kuantitatif dengan uji statistik untuk menemukan signifikansi perbedaan rata-rata data yang terdistribusi normal dan homogen digunakan uji parametrik, yaitu anova satu jalur (Anova one way test). Sementara untuk data yang tidak memenuhi distribusi normal digunakan non parametrik, yaitu Uji Kruskal-Wallis untuk K sampel. Pengujian ini menggunakan program aplikasi SPSS 17. Hasil penelitian mengilustrasikan terdapat perbedaan revitalisasi kurikuum dan pembejalaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keberagamaan siswa di setiap sekolah sebagai subjek penelitian

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:08
Last Modified: 28 Apr 2021 05:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4570

Actions (login required)

View Item View Item