PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DENGAN MENGGUNAKAN PREPARAT HEWAN PADA POKOK BAHASAN HEWAN VERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 1 BABAKAN KABUPATEN CIREBON

NUR KOMARUDIN, (2012) PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DENGAN MENGGUNAKAN PREPARAT HEWAN PADA POKOK BAHASAN HEWAN VERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 1 BABAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NUR KOMARUDIN_06460946___ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NUR KOMARUDIN :PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DENGAN MENGGUNAKAN PREPARAT HEWAN PADA POKOK BAHASAN HEWAN VERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 1 BABAKAN KABUPATEN CIREBON” Dalam pembelajaran biologi di sekolah kadang-kadang guru mengabaikan bahwa pembelajaran biologi tidak hanya teori tetapi lebih mengutamakan pembuktian sehingga siswa hanya mengerti tentang dasar teori tetapi tidak mengetahui hal yang nyata berada di alam sekitar, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan terobosan baru dalam kegiatan belajar mengajar terutama dalam metode pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan preparat hewan dalam pembelajaran praktikum, 2). Untuk mengetahui KPS siswa terhadap pembelajaran praktikum dengan menggunakan preparat hewan , 3). Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode praktikum yang menggunakan preparat hewan. Belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, sehingga perlu dilakukan analisis untuk menemukan persoalan-persoalan apa yang terlibat didalam kegiatan belajar. Kegiatan praktikum dengan menggunakan preparat hewan diharapkan dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan dan meningkatkan psikomotorik siswa, sehingga setelah melakukan praktikum siswa dapat menumbuhkan keterampilan proses sains siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen lembar observasi, tes dan angket. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan cara analisis kuantitatif yaitu dengan cara uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Sebelumnya peneliti melakukan uji coba instrument. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diungkapkan pada bab IV, didapatkan kesimpulan sebagai berikut: Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : 1). Hasil rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata pretes 48, 60, postes 66, 11 dan N-gainnya 43, 67, sedangkan hasil rata-rata siswa kelas kontrol yaitu nilai rata-rata pretes 38, 06, postes 49, 72 dan N-gainnya 26, 03. 6) Dari data hasil SPSS di atas pada tabel Independen Sampels Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 (<0,05), dengan Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang melakukan praktikum dan yang tidak melakukan praktikum pada pokok bahasan hewan vertebrata di SMA N 1 Babakan Kabupaten Cirebon. 2). Hasil rata-rata dari keseluruhan keterampilan proses sains siswa yang melakukan praktikum sebesar 72,6% dengan kriteria KPS baik sedangkan hasil rata-rata dari keseluruhan keterampilan proses sains siswa yang tidak melakukan praktikum sebesar 61,4% dengan kriteria KPS cukup. 3). respon siswa terhadap pembelajaran praktikum dengan menggunakan preparat hewan pada pokok bahasan hewan vertebrata sebesar 47,95 % menyatakan sangat setuju, 21,66 % setuju, 25,36 % kurang setuju, dan 4,99 % tidak setuju, sehingga angket tersebut termasuk dalam kategori baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:34
Last Modified: 06 Jun 2017 07:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item