PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERMUATAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA POKOK BAHASAN MONERA DI KELAS X SEMESTER I MADRASAH ALIYAH NEGERI BUNTET PESANTREN CIREBON

RIA SEPTIYANI, (2012) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERMUATAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA POKOK BAHASAN MONERA DI KELAS X SEMESTER I MADRASAH ALIYAH NEGERI BUNTET PESANTREN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIA SEPTIYANI_07460909___ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

RIA SEPTIYANI : PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERMUATAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA POKOK BAHASAN MONERA DI KELAS X SEMESTER I MADRASAH ALIYAH NEGERI BUNTET PESANTREN CIREBON. Kegiatan pembelajaran biologi di sekolah dewasa ini kurang menunjang terhadap pengembangan dan keterampilan siswa. Salah satu penyebabnya adalah guru dalam proses belajar mengajar sudah terbiasa hanya memberikan teorinya saja tanpa membekali mereka dengan berbagai pengembangan keterampilan yang bisa memicu bakat yang dimiliki oleh siswa. Pembelajaran biologi harus dibekali dengan keterampilan yang dapat diterapkan pada saat pelaksanaan praktikum untuk menumbuhkan potensi, minat, bakat, dan keterampilan yang mengembangkan kemampuan – kemampuan dasar yang dimiliki pada siswa sesuai dengan taraf perkembangan kemampuannya, dari bahan ajar biologi yang dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bahan ajar biologi bermuatan kewirausahaan tentang peningkatan keterampilan proses sains siswa pada saat melaksanakan praktikum pembuatan yoghurt pada pembahasan materi monera pada kelas eksperimen. Hubungan pengembangan bahan ajar biologi bermuatan kewirausahaan dengan keterampilan proses sains siswa dari test tertulis untuk kelas eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan KPS dan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X6 MAN Buntet Pesantren Cirebon. Jumlah siswa 38 (kelas eksperimen). Untuk uji analisis digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan pengembangan bahan ajar biologi bermuatan kewirausahaan dengan keterampilan poses sains siswa pada pokok bahasan monera di kelas X semester I Madrasah Aliyah Negeri Buntet Pesantren Cirebon. Hal ini diketahui dari hasil uji Correlation Spearman bahwa diperoleh nilai signifikansi atau Sig adalah 0,000. Kalau dibandingkan, maka nilainya akan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), hal ini berarti bahwa Ho ditolak. Dan dari hasil analisis juga didapatkan nilai r hitung sebesar 0.903, nilai ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara pengembangan bahan ajar biologi bermuatan kewirausahaan dengan keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan monera. DAFTAR ISI

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:42
Last Modified: 07 Jun 2017 01:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item