PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELOMPOK 28 PROGRAM INTENSIFIKASI BAHASA ARAB IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Hikmah Uswatun Ummi, Indrya Mulyaningsih

Abstract


Metode mengajar digunakan sesuai kreativitas guru. Pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Arab di Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggunakan berbagai macam metode. Metode inquiry, tanya jawab, dan kelompok merupakan metode mengajar menurut pendekatan konstruktivistik. Teori konstruktivistik memahami belajar sebagai proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan oleh pembelajar itu sendiri. Ketertarikan terhadap teori konstruktivistik mendorong penulis untuk mengamati penerapan teori konstruktivistik di kelompok 28 Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hasil observasi menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelompok 28 Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggunakan pendekatan teori kontruktivisme.


Full Text:

PDF PDF

References


Haryanto. 2014. Teori Konstruktivisme. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131656343/TEORI%20KONSTRUKTIVISTIK.pdf. Diakses tanggal 16 Februari 2016 Pukul 14.50

Lamijan. 2015. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. http://umk.ac.id/files/2.04.%20Konstruktivisme%20dlm%20Pembelajaran%20-LAM.ppt Diakses tanggal 16 Februari 2016 Pukul 15.02

Riantinas. 2012. Teori Belajar Konstruktivisme. http://riantinas.blogspot.co.id/2012/06/teori-belajarkonstruktivisme.htmldiakses tanggal 23 Februari 2016 Pukul 15.12

Siregar, Evelin dan Nara Hartini. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumiarni, Hanin. 2014. Pembelajaran Bahasa Arab bagi Mahasiswa Pemula di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Problematika dan Solusinya). Holistik Volume 15 Nomor 01, 2014 diunduh dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/viewfile/432/279/ pada 17 Mei 2015 Pukul 15.00




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/jileal.v1i2.600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.