PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI I PABEDILAN KECAMATAN PABEDILAN KABUPATEN CIREBON

AGUNG EKA AGUS TINA, (2012) PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI I PABEDILAN KECAMATAN PABEDILAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340016_AGUNG EKA AGUSTINA__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

AGUNG EKA AGUS TINA, NIM (07440512) : Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di SMP Negeri 1 Pabedilan Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Faktor yang mempengaruhi seorang siswa berperilaku sosial di lingkungan sekolah di antaranya faktor lingkungan kelurga, pekerjaan orang tua yang di padang baik maka secara otomatis menghasilkan nilai ekonomis yang cukup pula, namun kebalikannya jika pekerjaan orang tua dan penghasilan orang tua yang buruk maka akan mempersempit material yang di hadapi anak di dalam keluarganya. Permasalahannya adalah bagaimanakah pengaruh pekerjaan orang tua terhadap perilaku sosial siswa di SMP Negeri 1 Pabedilan Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui pekerjaan orang tua yang orang tuanya bekerja sebagai buruh tani di SMP Negeri 1 Pabedlan Kabupaten Cirebon , Untuk mengetahui perilaku sosial siswa di SMP Negeri 1 Pabedilan Kabupaten Cirebon, Untuk mengetahui pengaruh pekerjaan orang tua siswa sebagai buruh tani terhadap prilaku sosial siswa di SMP Negeri 1 Pabedilan. Faktor lingkungan dan keluarga yang berpengaruh terhadap perkembangan nilai, moral, sikap dan tingkah laku ini mencangkup aspek psikologis, sosial, budaya dan fisik kebendaan baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat luas, kondisi psikologis, pola interaksi di dalam keluarga dan pekerjaan orang tua ini akan mempengaruhi perkembangan nilai, moral, sikap dan perilaku individu yang tumbuh dan berkembang di dalamnya, khususnya mengenai perilaku sosial siswa guna mendapatkan hasil yang optimal dalam pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan suatu pendekatan empirik. Kemudian data yang telah diperoleh dikumpulkan, dianalisis, dan juga disajikan secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hipotesis yang penulis ambil adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pekerjaan orang tua terhadap perilaku sosial siswa. Adapun hasil yang diperoleh dari perhitungan product moment adalah 0,350 yang berarti ada pengaruh yang positif antara pekerjaan orang tua dengan perilaku sosial siswa. Jika dilihat dari tabel koefisien korelasi, nilai 0,501 termasuk dalam kategori lemah atau rendah. Dari perhitungan nilai koefisien penentu (determinan) pengaruh pekerjaan orang tua terhadapperilaku sosial siswa 13% dan sisanya 87% ditentukan oleh variabel lain. Jika dilihat dari hasil uji-t, diperoleh nilai sehingga atau 2,078 > 1,697. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan dari Pekerjaan Orang Tua Terhadap Prilaku Sosial Siswa di SMP Negeri I Pabedilan Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 03:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item