PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTUAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA BIDANG STUDI IPS TERPADU DI SMP SYARIF HIDAYATULLAH PASALAKAN SUMBER CIREBON

DEWI Y, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTUAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA BIDANG STUDI IPS TERPADU DI SMP SYARIF HIDAYATULLAH PASALAKAN SUMBER CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340018_DEWI YUSANAH_505470006__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

DEWI Y: Pengaruh Penggunaan Metode Actual Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di SMP Syarif Hidayatullah Kelurahan Pasalakan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Penerapan metode Actual Learning sebagai strategi dalam proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Syarif Hidayatullah Pasalakan Sumber Cirebon banyak siswa yang kurang semangat dan bermalas-malasan, siswa juga kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru, sehingga siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, Salah satu strategi untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar yaitu dengan menggunakan metode Actual Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: penggunaan Metode Actual Learning dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Actual Learning terhadap prestasi belajar siswa di SMP Syarif Hidayatullah Kelurahan Pasalakan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu merupakan disiplin ilmu yang membutuhkan penalaran dan penelaahan yang terus-menerus, membutuhkan pula penerapan Metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diterapkanlah metode Actual Learning yaitu metode pembelajaran yang memanfaatkan contoh nyata yang ada di lingkungan sekitar sekolah dimana siswa berada. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan studi pustaka yang dilakukan di SMP Syarif Hidayatullah Pasalakan Sumber Cirebon dengan sampel yang terdiri dari kelas VIII sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi: Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Prosentase, Uji Normalitas, Uji Korelasi Product Moment, Uji Koefisien Determinan dan Uji Hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Metode Actual Learning tergolong kurang maksimal dalam pelaksanaannya, terlihat dari hasil yang diperoleh yaitu 42,66% dan Hasil belajar siswa tergolong baik yaitu sebesar 79,68. Besarnya pengaruh terhadap Hasil belajar siswa dengan hasil koefisien korelasi sebanyak 0,74. Sedangkan kontribusi penerapan Metode Actual Learning memberikan pengaruh terhadap Hasil belajar siswa sebanyak 54,76% dan sisanya 45,24% ditentukan oleh variabel lain. Adapun hasil uji hipotesis yaitu thitung mencapai 5,134 sedangkan ttabel nilainya 1,7171 maka thitung ttabel. Hasil ini menunjukan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima Artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode Actual Learning terhadap Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 03:34
Last Modified: 06 Jun 2017 03:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item