PENGARUH PENERAPAN METODE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri Jatiwangi Kabupaten Majalengka)

Adi Rohadi, (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri Jatiwangi Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340020_adi rohadi_58440842__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adi Rohadi: Pengaruh Penerapan Metode Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri Jatiwangi Kabupeten Majalengka) Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini yaitu siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran Ekonomi, karena metode yang digunakan oleh guru masih konvensional seperti penerapan metode ceramah yang mengandalkan guru sepenuhnya dalam menyampaikan materi dan siswa mendengarkan, sehingga dalam pembelajaran tersebut siswa jenuh dan kurang menumbuhkan kreatifitas anak dalam pelajaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 masih ada siswa yang memiliki nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Maka untuk itu perlu satu cara dan strategi pembelajaran yang baru dan tepat. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode scramble pada pelajaran Ekonomi, Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menerapkan metode scramble pada pelajaran Ekonomi, Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode scramble terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk membuat pelajaran ekonomi menjadi menyenagkan bagi siswa maka perlu digunakannya metode yang menarik. Salah satu pembelajaran yang mungkin dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan metode scramble, yang akan diterapkan dalam proses belajar ekonomi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X. Dan yang dijadikan sebagai sampelnya adalah siswa kelas X-1 sebanyak 30 siswa yang merupakan kelas eksperimen. Untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan ulangan harian, Dan lembar angket dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh pendapat siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,33 dan skor angket 77,3. Sedangkan, koefisien korelasi 0,791 yang berarti termasuk dalam kategori kuat. Sedangkan, hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh 62,57 % dan sisanya 37,44% disebabkan oleh faktor-faktor lain. Untuk uji persamaan regresi Ŷ = -2,082 + 0,980X yang menggambarkan pembelajaran dengan menggunakan metode scramble berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Sementara itu, untuk menguji hipotesis regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 46,786 > 3,32 maka dapat dinyatakan bahwa regresi tersebut signifikan. Artinya terdapat Terdapat pengaruh penerapan metode scramble terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jatiwangi Kabupaten Majalengka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 03:47
Last Modified: 06 Jun 2017 01:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item