PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMK SULTAN AGUNG KABUPATEN CIREBON

ELIN ASLIYANTI, (2012) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMK SULTAN AGUNG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340021_ELIN ASLIYANTI_07440556__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ELIN ASLIYANTI “PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMK SULTAN AGUNG KABUPATEN CIREBON” Penerapan tata tertib sekolah SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon Guru menerapkan hukuman terhadap siswa, namun pada kenyataannya pelanggaran terhadap tata tertib sekolah masih saja sering terjadi. Sehingga boleh dikatakan hingga saat ini tata tertib siswa yang telah ditetapkan oleh sekolah belum sepenuhnya belum dapat diikuti oleh seluruh siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji disiplin belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon, untuk mengkaji prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon dan untuk mengkaji pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon. Disiplin adalah suatu kepatuhan terhadap peraturan-peraturan yang telah ditetapkan baik itu tertulis maupun tidak tertulis yang dilakukan dengan senang hati, suka rela dan anggung jawab berdasarkan kesadaran yang tumbuh dalam diri seseorang, serta tiada suatu pelanggaran-pelanggaran baik secara langsung maupun tidak langsung, selama peraturan itu tidak melanggar norma-norma agama. Oleh karena itu kedisiplinan belajar akan membawa dampak positif bagi siswa yang mampu menjalankannya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 110 siswa, kemudian sempelnya adalah sebenyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik angket, dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji deskripsi, uji validitas, uji realibilitas, uji persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji t (hipotesis) dan uji regresi. Hasil penelitian bahwa disiplin belajar sebesar 54.0% kriteria Cukup terletak pada rentang 40% - 54%, prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi Kelas X di SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon adalah sebesar 71.17 dengan kriteria Baik terletak pada rentang 55% - 74% dan pengaruh sebesar 0,855 dengan kriteria Tinggi terletak pada rentang 0,70-0,90 dan Sig. 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:07
Last Modified: 06 Jun 2017 03:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item