GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 CIWARINGIN KECAMATAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

CUCU SOFIAWATI, (2012) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 CIWARINGIN KECAMATAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340022_CUCU SOFIAWATI (58440848)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

CUCU SOFIAWATI : “GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 CIWARINGIN KECAMATAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON”. Berdasarkan studi pendahuluan, ditemukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah selama ini menggunakan kepemimpinan tranformasional atau biasa juga disebut dengan kepemimpinan partisifatif (Participative leadership). Atas dasar inilah penulis terdorong untuk melakukan penelitian tentang gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Penulis ingin mengetahui sejauh mana Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : untuk mendapatkan gambaran/data tentang gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon, untuk mendapatkan data tentang penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon, dan untuk mendapatkan data tentang faktor-faktor penunjang dan penghambat gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Kepemimpinan transformasional tidak saja didasarkan pada kebutuhan akan penghargaan diri, tetapi menumbuhkan kesadaran pada pemimpin untuk berbuat yang terbaik sesuai dengan kajian perkembangan Manajemen Berbasis Sekolah dan kepemimpinan yang memandang manusia, kinerja dan pertumbuhan organisasi yang saling berpengaruh. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif deskriptif menggunakan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus prosentase. Populasi dalam skripsi ini mengambil seluruh sampel yang ada sebanyak 44 orang guru SMP Negeri 1 Ciwaringin. Sedangkan untuk mengetahui tanggapan Kepala sekolah, komite sekolah dan staf tata usaha terhadap gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Ciwaringin yaitu dengan menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah cukup baik walaupun masih belum optimal (57.94%), penerapan Manajemen Berbasis Sekolah disimpulkan cukup baik walaupun masih belum optimal (58.63%), sedangkan faktor penunjang dan penghambat gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah kurang baik (32.63%) dikarenakan dana pendidikan yang tersedia, sarana dan prasarana masih belum optimal. Sedangkan faktor penghambat lain yang sangat berpengaruh adalah kengganan orang tua murid memberikan bantuan berupa dana untuk sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Sejarah Pendidikan
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:21
Last Modified: 06 Jun 2017 02:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item