GAGASAN PENDIDIKAN KRITIS KARL MARX’S DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT

WAHYONO, (2012) GAGASAN PENDIDIKAN KRITIS KARL MARX’S DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340023_WAHYONO (58440884)__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

WAHYONO, 58440884 : “Gagasan Pendidikan Kritis Karl Marx’s dan Kontribusinya terhadap Kehidupan Masyarakat” Keadaan masyarakat pada waktu Karl Marx hidup adalah terbelenggu penguasa yang didominasi kaum kapitalis (borjuis). Kaum proletar dieksploitasi habis-habisan, menderita dan miskin adanya. Kritik dan filsafat Marx hadir sebagai upaya solusi analisa dan pembebasan bagi problematika masyarakat proletar dan kaum buruh pada zamannya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang biografi dan karya-karya Karl Marx, pokok-pokok pemikiran Karl Marx tentang pendidikan kritis, dan berbagai kontribusi serta kiprah Karl Marx dalam memperjuangkan pendidikan kritis yang membabaskan kaum buruh (proletar) dari belenggu penguasa (kapitalis/borjuis). Sebagai kerangka pemikiran, Pendidikan kritis adalah upaya pembebasan, pencerahan (Aufklarung) dan penghilangan bentuk dominasi penguasa. Pendidikan kritis yang dipraktekan Marx ketika melawan kaum borjuis semata-mata hanya untuk kesejahteraan rakyat, dimana setiap masyarakat baik kaya maupun miskin mempunyai hak yang sama dalam menuju kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. Karl Max menginginkan adanya pendidikan pembebasan kepada kaum buruh, petani dan miskin (kaum proletar) lainnya, di mana mereka selalu ditekan oleh kaum borjuis yang mempunyai modal besar untuk menguasai tataran perekonomian, kaum proletar selalu miskin dan tidak mengalami pernah perubahan dinamis lebih baik. Pendidikan pembebasan merupakan proses memanusiakan manusia melalui sebuah kesadaran untuk melepaskan diri dari bentuk penindasan yang hegemonik dan dominatif, yang keduanya menjadi penghambat bagi tegaknya pilar-pilar pembebasan Penelitian ini dilakukan dengan metodologi penelitian kepustakaan, pengumpulan data, dan analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan studi literature (studi pustaka) untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Sedangkan analisis data dilakukan untuk memberikan uraian secara deskriptif dan menarik kesimpulan dari uraian tersebut. Dari analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini membuktikan pengabdian, peran dan kontribusi sosok Karl Marx dalam memperjuangkan pendidikan kritis melawan kaum borjuis/penguasa, terutama perjuangannya dalam menginginkan pendidikan pembebasan kepada kaum buruh, petani dan miskin (kaum proletar) lainnya, di mana mereka selalu ditekan oleh kaum borjuis yang mempunyai modal besar untuk menguasai tataran perekonomian, kaum proletar selalu miskin dan tidak mengalami pernah perubahan dinamis lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:23
Last Modified: 07 Jun 2017 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item