UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATANNYA UNTUK KEGIATAN EKONOMI DI MTs NEGERI I PILANG KOTA CIREBON

Adam Firdaus, (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATANNYA UNTUK KEGIATAN EKONOMI DI MTs NEGERI I PILANG KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340024_adam firdaus_07440588__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adam Firdaus : Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Untuk Kegiatan Ekonomi Di MTs Negeri 1 Pilang Kota Cirebon. Siswa belajar bukan menghafal saja akan tetapi menemukan sendiri apa yang sedang dipelajari malalui proses berpengalaman dalam kehidupan nyata. Pembelajaran melalui CTL pada dasarnya mendorong agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan melalui proses pengamatan dan pengalaman. Denagan pendekatan CTL siswa diharapakan akan lebih aktif dan mampu mengenal serta mengembangkan kapasitas belajar dan potensi yang dimilikinya secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPS khususnya di kelas VIII MTs Negeri 1 Pilang Kota Cirebon, Mengetahui keaktivan siswa dalam pembelajaran IPS khususnya di kelas VIII MTs Negeri 1 Pilang Kota Cirebon, Mengetahui upaya meningkatkan keaktivan siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPS khususnya di kelas VIII MTs Negeri 1 Pilang Kota Cirebon. Pendekatan CTL menempatkan siswa sebagai subyek belajar, artinya siswa berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran dengan cara menemukan dan menggali sendiri materi pelajaran. Di dalam CTL pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata secara riil dan perilaku dibangun atas kesadaran diri sendiri, serta pengetahuan yang dimiliki setiap individu selalu berkembang sesuai dengan pengalaman yang dialaminya, oleh sebab itu setiap siswa bisa terjadi perbedaan dalam memaknai hakikat pengetahuan yang dimilikinya. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, Observasi , dan Angket, yang selanjutnya di analisis dengan sekala prosentase dan hasil pengujian hipotesis. Pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Peningkatan pada siklus I berdasarkan dari hasil observasi adalah: siswa sudah berani untuk bertanya seputar materi yang sedang dipelajari pada siklus tindakan I sebanyak 24% dan pada siklus tindakan II meningkat menjadi 60% , dan pada siklus tindakan III meningkat 70%. siswa menjawab pertanyaan secara lisan pada siklus tindakan I sebanyak 32% meningkat menjadi 64% dan 74%. siswa yang mengemukakan pendapatnya pada siklus tindakan I sebanyak 28% meningkat menjadi 44% dan 50%. siswa sudah aktif dalam memecahkan masalah baik secara kelompok maupun individu pada siklus tindakan I sebanyak 26% meningkat menjadi 72% dan pada tindakan III menjadi 80%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:25
Last Modified: 06 Jun 2017 01:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item