PENERAPAN MODEL KOOPERATIF METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON

SELVIA ZAHRA, (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340024_adam firdaus_07440588__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SELVIA ZAHRA : Penerapan Model Kooperatif Metode Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Cirebon Dalam Pembelajaran IPS guru cenderung hanya menggunakan metode konvensional yang berlangsung satu arah yang mengandalkan guru sepenuhnya dalam menyampaikan materi, sehingga kejenuhan dan kebosanan sering menghinggapi sebagian besar siswa, siswa pun menjadi terlihat pasif dan pencapaian hasil belajar siswa pun menjadi kurang maksimal. Untuk membuat pelajaran IPS menjadi bermakna, efektif serta banyak disukai oleh siswa maka perlu digunakannya model pembelajaran yang menarik. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan model pembelajaran kooperatif. Salah satu metode kooperatif adalah Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana penerapan model kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS. Bahan pelajaran yang disampaikan tanpa memperhatikan pemakaian metode justru akan mempersulit bagi guru dalam mencapai tujuan pengajaran. Disinilah kehadiran metode menempati posisi penting dalam penyampaian bahan pelajaran. Metode yang digunakan sebagai strategi yang dapat memudahkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan yang diberikan oleh guru. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT) diharapkan siswa akan lebih mudah memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan PTK yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Lokasi penelitian ini di SMPN 8 Kota Cirebon dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMPN 8 dengan jumlah 38 siswa. Adapun cara pengambilan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan tes. Untuk teknik analisis datanya diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa penerapan model kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT) di kelas VIII SMPN 8 Kota Cirebon dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus III. Hasil aktivitas siswa pada siklus I 46%, siklus II 66% dan siklus III 84%. Hasil kinerja guru pada siklus I 54%, siklus II 67%, dan siklus III 81%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 58,94, siklus II 63,68 dan siklus III 74,47. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dari siklus ke siklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan maka pembelajaran yang menggunakan model kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT) dapat dijadikan sebagai alternatif dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:31
Last Modified: 07 Jun 2017 02:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item