PENGARUH MATA KULIAH APLIKASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP LIFE SKILL MAHASISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON

CITRA KOMALA, (2012) PENGARUH MATA KULIAH APLIKASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP LIFE SKILL MAHASISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340026_citra komala_58440896__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

CITRA KOMALA. “Pengaruh Mata Kuliah Aplikasi Kewirausahaan Terhadap Life Skill Mahasiswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon” Seiring dengan perkembangan zaman mencari lapangan pekerjaan bukanlah hal mudah, karena itu keterampilan akan menjadi tuntutan utama untuk memperoleh kesempatan dan peluang kerja. Menghadapi hal ini, berwirausaha menjadi peluang untuk mengatasi keterbatasan lapangan kerja dengan jumlah para pencari kerja yang tidak terbatas. Berkaitan dengan pembahasan kewirausahaan hyang sedang menjadi topik utama guna pembangunan suatu negara, kini telah merambah sampai pendidikan formal seperti di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi yang mulai memberikan muatan lokal mata kuliah kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang : keterampilan mahasiswa sebelum mengambil mata kuliah kewirausahaan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keterampilan mahasiswa setelah mengambil mata kuliah kewirausahaan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan pengaruh mata kuliah aplikasi kewirausahaan terhadap keterampilan mahasiswa di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa kewirausahaan merupakan suatu keterampilan yang membutuhkan daya kreatifitas dan inovatif. Dengan diterapkannya mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi, bisa memberi kontribusi besar bagi mentalitas mahasiswa dalam memunculkan semangat mahasiswa untuk mengembangkan keterampilannya (life skill) melalui berwirausaha, mampu melihat peluang bisnis, bersaing secara sehat, mampu berfikir kreatif, percaya diri, berani mengambil resiko serta mandiri secara ekonomi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 8 jurusan IPS yang terdiri dari empat kelas dengan menggunakan teknik sampling insidental. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dan analisis determinasi. Hasil yang diperoleh dari perhitungan skor rata-rata prosentase sebelum mengambil mata kuliah kewirausahaan berada pada interval 40%-54% termasuk kategori kurang baik, setelah mengambil mata kuliah kewirausahaan berada pada interval 55%-74% termasuk kategori cukup baik dan hasil product moment menunjukkan 0,31 yang berarti ada hubungan positif antara mata kuliah aplikasi kewirausahaan dengan life skill mahasiswa. Jika dilihat dari tabel koefisien korelasi nilai 0,31 termasuk dalam katagori rendah. Dari perhitungan koefisien determinan, pengaruh mata kuliah aplikasi kewirausahaan terhadap life skill mahasiswa sebesar 10% dan sisanya 90% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:34
Last Modified: 06 Jun 2017 02:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item