PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs AN-NUR MATA PELAJARAN IPS (Studi Eksperimen pada Bidang Studi IPS di MTs An-Nur Kota Cirebon)

AMIR HAMZAH, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs AN-NUR MATA PELAJARAN IPS (Studi Eksperimen pada Bidang Studi IPS di MTs An-Nur Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340027_amir hamzah__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

AMIR HAMZAH, PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs ANNUR MATA PELAJARAN IPS (Studi Eksperimen pada Bidang Studi IPS di MTs An-Nur Kota Cirebon) Sarana dan prasarana pembelajaran memegang peranan penting terhadap keberhasilan pembelajaran di suatu institusi pendidikan. Oleh karena itu semakin memadai sarana dan prasarana yang ada di suatu lembaga pendidikan maka memungkinkan akan semakin tinggi keberhasilan pendidikan. Di MTs. An-Nur Kota Cirebon. Sarana dan prasarana pembelajaran khususnya media pembelajaran IPS masih belum terpenuhi termasuk didalamnya media pembelajaran berbasis ITC, di samping kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan model dan metode pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah a). untuk mengkaji penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash pada hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs. An-Nur Kota Cirebon, b). untuk mengkaji peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang studi IPS bahasan perpindahan penduduk di MTs An-Nur Kota Cirebon, dan c). untuk mengkaji pengaruh penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi IPS bahasan perpindahan penduduk di MTs An-Nur Kota Cirebon. Kegiatan pembelajaran dan hasil belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor ekstrem, antara lain tersedianya sarana dan prasarana pembelajar. Dengan fasilitas belajar yang lengkap di sekolah akan mempermudah siswa dalam menyelesaikan kesulitan memahami materi pelajaran khususnya pelajaran IPS. Data yang dibutuhkan dalam penyusunan skripsi ini ada dua, data teoritik diambil dari buku-buku dan literatur lainnya yang ada hubungannya dengan judul skripsi untuk dijadikan sumber rujukan. Data empirik diperoleh melalui terjun langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik angket dan tes. Jumlah populasi dan sampel sama berjumlah 40 kelas VIII MTs An-Nur tahun pelajaran 2011/2012. Pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji regresi, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap siswa secara umum menunjukan respon yang positif (kategori sedang dan tinggi) dan tidak ada yang memberikan respon rendah terhadap penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan Macromedia Flash pada bidang studi IPS di kelas VIII MTs. An-Nur bila dibandingkan dengan skor ratarata kurva normal ideal tergolong tinggi, skor rata-rata sebesar 65,54. Dari hasil perhitungan uji independen dan kelinieran regresi diperoleh persamaan = 20,09 + 0,73X dengan koefesien korelasi (r) = 0,42 dalam kategori sedang nilai tersebut berada pada rentang 0,40-0,70 (korelasi sedang) dan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,07 dan ttabel = 2,69. Karena thitung = 3,07 di luar interval kriteria pengujian, yaitu -2,69 < thitung< 2,69, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa penggunaan macromedia flash pada hasil belajar dapat meningkatan prestasi siswa pada bidang studi IPS di kelas VIII MTs. An-Nur Kota Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:36
Last Modified: 06 Jun 2017 01:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item