PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH PUI CILIMUS

Maesari Ningsih, (2012) PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH PUI CILIMUS. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nyrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340030_MAESARI NINGSIH_505470020__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maesari Ningsih (505470020): Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah PUI Cilimus Motivasi yang diberikan oleh orang tua mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar. Motivasi yang diberikan orang tua dapat menumbuhkan semangat belajar dan tanggungjawab sehingga mereka terdorong untuk melakukan kegiatan belajar. Motivasi yang diberikan orang tua pada siswa siswa Madrasah Aliyah Cilimus kelas X, khususnya pada mata pelajaran Sosiologi dinilai sangat kurang, karena para orang tua selalu sibuk dengan pekerjaan mereka masing – masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi yang diberikan orang tua kepada siswa Madrsah Aliyah PUI Cilimus; mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi dan untuk mengetahui signifikansi antara motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah PUI Cilimus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat empirik. Untuk memperoleh informasi dan data yang diperlukan peneliti, maka peneliti melakukan observasi, wawancara dengan pihak – pihak yang bersangkutan, penyebaran angket dan studi dokumentasi. Motivasi orang tua pada mata pelajaran Sosiologi merupakan dukungan yang diberikan orang tua kepada putra/ putrinya, baik berupa materi maupun non materi, dengan harapan siswa atau putr/putrinya dapat mencapai prestasi yang membanggakan. Prestasi ini tidak hanya ditunjukkan dengan nilai – nilai yang bagus, melainkan ditunjukkan pula dengan adanya perubahan tingkah laku dan kesipannya dalam menghadapi maalah – masalah sosial yang ada dimasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dan pendekatan kuantitatif, sedangkan untuk pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket dan studi dokumentasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara populasi sampel dan dipilih kelas X yang berjumlah 34 siswa. Karena penelitian ini berhubungan dengan motivasi orang tua, maka yang dijadikan sampel pada penelitian ini adalah orang tua siswa kelas X. Data yang terkumpul diolah menggunakanteknik statistik Chi Kuadrat (X2), untuk hasil angket dan korelasi product moment untuk mencari hubungan variabel X dan variabel Y. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah PUI Cilimus, yaitu berada pada interval 56 – 75 dengan rata – rata 69, 15. Sedangkan prestasi siswa berada pada interval 66 -77 dengan rata – rata 72, 38. Berdasarkan pengujian koefisien korelasi dengan menggunakan analisis uji hipotesis diperoleh t hitung =7, 174 dan harga t tabel =2, 042. Karena perolehan t hitung lebih besar dari t tabel, maka dihasilkan hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:47
Last Modified: 07 Jun 2017 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item