PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI MA AL-HIDAYAH KABUPATEN CIREBON

Abdul Husna, (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI MA AL-HIDAYAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nyrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340031_ABDUL HUSNA_07440741__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abdul Husna : “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 2pada Mata Pelajaran Ips Ekonomi Di Ma Al-Hidayah Kabupaten Cirebon” Sebagaimana diketahui bahwa salah satu masalah yang dihadapi guru dalam mengelola pengajarannya adalah cara menumbuhkan motivasi pada diri siswa secara efektif. Keberhasilan suatu pengajaran sangat dipengaruhi oleh motivasi atau dorongan. Aktivitas belajar sangat bertalian dengan motivasi. Perubahan motivasi dapat berdampak kepada bentuk dan hasil belajar. Perubahan itu adalah akibat pengalaman yang disebabkan adanya motivasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS Ekonomi di MA Al-Hidayah Sindangkasih Kab. Cirebon, Untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di MA Al-Hidayah Sindangkasih Kab. Cirebon, Untuk memperoleh data tentang seberapa besar pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi pelajaran IPS Ekonomi di MA Al-Hidayah Sindangkasih Kab. Cirebon. Pelaksanaan pendidikan tidak terlepas dari adanya kegiatan pembelajaran, dimana pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, materil, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan, pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan dilengkapi oleh data-data yang diperoleh melalui penelitian lapangan (field research). Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian langsung ke tempat yang dijadikan objek penelitian yakni MA Al-Hidayah Sindang Kasih Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon Adapun teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik Observasi, Wawancara, Angket Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa, antara variabel X (motivasi) dan variabel Y (prestasi belajar Bidang Studi IPS) bertanda positif yang lemah dengan memperhatikan besarnya rxy yang diperoleh sebesar 0,38. Apabila hasil tersebut diinterpretasikan secara kasar atau sederhana dengan mencocokkan hasil perhitungan dengan angka indeks korelasi “r” product moment, ternyata besarnya rxy (0,38) yang besarnya berkisar antara 0,20-0,40 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y itu adalah termasuk korelasi yang lemah atau rendah. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS ditentukan oleh motivasi sebesar 14.4% sedangkan 58.6% ditentukan oleh faktor lain. Kemungkinan ini bisa terjadi karena MA Al-Hidayah Beber Kabupaten Cirebon hanya menyediakan waktu selama 2 jam untuk mempelajarai bidang studi IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:57
Last Modified: 06 Jun 2017 01:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item