PENGARUH PEMBELAJARAN IPS EKONOMI TERHADAP MINAT ENTREPRENEURSHIP SISWA (Di SMA Muhammadiyah Karangampel Kabupaten Indramayu)

YASRIZAL, (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN IPS EKONOMI TERHADAP MINAT ENTREPRENEURSHIP SISWA (Di SMA Muhammadiyah Karangampel Kabupaten Indramayu). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nyrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340032_ YASRIZAL_58440886__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

YASRIZAL : PENGARUH PEMBELAJARAN IPS EKONOMI TERHADAP MINAT ENTREPRENEURSHIP SISWA (di SMA Muhammadiyah Karangampel Kabupaten Indramayu) Indonesia adalah sebuah Negara yang kaya dengan SDA dan SDM, tapi mengapa di Negara yang kaya ini banyak permasalahan perekonomian yang tidak kunjung selesai. Salah satu cara untuk menyelasaikan permasalahan itu adalah dengan berwirausaha, tapi apakah generasi muda yang dimiliki oleh Indonesia sudah memiliki jiwa entrepreneur tersebut?. Adapun pembelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah tergolong cukup baik, guru sudah menjelasakan permasalahan perekonomian yang terjadi di Indonesia. Minat siswa untuk berwirausaha masih tergolong rendah dari observasi yang dilkukan siswa tidak terlibat dalam mengelola koperasi sekolah, padahal itu adalah salah satu wadah untuk menumbuhkan minat wirausaha siswa. Adapaun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaiman pengaruh pembelajaran IPS ekonomi terhadap minat entrepreneursip siswa di SMA Muhammadiyah Karangampel. Pendidikan merupakan sebuah wadah untuk membentuk manusia yang memiliki budi pekerti, pengetahuan, dan ketrampilan. Melalui pendidikan dapat diciptakan manusia –manusia yang cerdas, dan dapat dijadikan sebagai modal dalam bentuk manusia atau sering disebut human capital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagai mana pembelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah Karangampel, untuk mengetahui minat entrepreneurship siswa, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran IPS ekonomi terhadap minat entrepreneurship siswa di SMA Muhammadiyah Karangampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi SMA Muhammadiyah Karangampel yang terdiri dari 160 siswa. Untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel terdiri dari 32 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan angket. Untuk data yang bersifat kualitatif peneliti menganalisisnya dengan mengunakan logika yang didasari oleh teori –teori yang ada, dan untuk data yang bersifat kuantitatif peneliti mengunakan rumus persentase dan analisis logika. Untuk mengetahui pengaruh peneliti mengunakan rumus korelasi produck moment, kemidian hasilnya di uji dengan mengunakan rumus uji t, dan ditarik kesimpulannya. Pengaruh pembelajaran IPS ekonomi terhadap minat entrepreneurship siswa tergolong sangat rendah yaitu 0.09311. Walaupun tergolong rendah tapi ada pengaruh. Dengan uji t yang dilakukan didapat nilai t hitung sebesar 0,5122, dibandingkan dengan t tabel sebesar 0,349. Berdasarkan analisis diatas dapat ditarik kesimpulan yaitu” terdapat pengaruh yang siknifikan antara pembelajaran IPS ekonomi dengan minat entrepreneurship siswa di SMA Muhammadiyah Karangampel.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Jan 2017 08:00
Last Modified: 07 Jun 2017 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item