PENERAPAN STRATEGI BELAJAR GUIDE NOTE TAKING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (PTK di Kelas VII-G SMP N I Karangampel)

ETI SUPRIATI, (2012) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR GUIDE NOTE TAKING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (PTK di Kelas VII-G SMP N I Karangampel). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340037_ETI SUPRIATI_58440946__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ETI SUPRIATI : Penerapan Strategi Belajar Guide Note Taking Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi (PTK di Kelas VII-G SMP N I Karangampel) Proses pembelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri I Karangampel belum sepenuhnya mendorong siswa untuk aktif dalam belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh belum maksimal. Ini semua terjadi karena metode atau strategi yang digunakan tidak bervariasi dan masih konvensional. Selain itu juga dominasi guru dalam proses pembelajaran masih tinggi. Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahaan tersebut adalah dengan menerapkanstrategi belajar Guide Note Taking. Strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang mengaktifkan siswa dengan guru menjelaskan, kemudian siswa dituntut untuk mengankap materi yang sesuai dengan poin-poin penting yang dikosongkan dalam bahan ajar yang diberikan, selanjutnya pada akhir pembelajaran kelompok diharapkan dapat mempresentasikan hasil dari diskusi berdasar bahan yang diujikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penerapan strategi belajar Guide Note Taking di SMP Negeri I Karangampel Kabupaten Indramayu, untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktifitas belajar siswa dengan penerapan strategi belajar Guide Note Taking pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Pelajaran IPS Ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap membosankan oleh para siswa, oleh karena itu perlu adanya strategi atau metode yang bervariasi. Strategi belajar Guide Note Taking dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi belajar Guide Note Taking di SMP Negeri I Karangampel Kabupaten Indramayu termasuk dalam kategori baik karena hasil belajar IPS Ekonomi di kelas VII-G mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata dari 70,00 menjadi 82,50 dan prosentase ketuntasan belajar dari 55,00% menjadi 95,00%. Hasil peningkatan nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar termasuk ke dalam kategori baik. Dari hasil yang cukup memuaskan itu ternyata rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi juga meningkat, dari 60,83% menjadi 88,90%. Berdasarkan kriteria penilaian nilai 88,75% berada pada kisaran presentase 76%-100% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:08
Last Modified: 06 Jun 2017 03:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item