PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN KROYA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

QORIATUN, (2012) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN KROYA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340038_QORIATUN_505470028__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

QORIATUN, NIM : 505470028 “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran di MIN Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon” Pandangan tentang kepala madrasah sebagai pendidik, manajer, administrator dan supervisor pada hakekatnya merupakan seluruh aktivitas organisasi sekolah yang bermuara pada pencapaian efesiensi dan efektivitas dalam pembelajaran. Pembinaan dan pengelolaan yang dilakukan oleh kepala sekolah berhubungan erat dengan semua kegiatan yang dilakukan oleh guru sebagai tenaga pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan kompetensi sosial yang diaplikasikan dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kroya Kec.Panguragan Kab. Cirebon Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji data tentang bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala madarasah terhadap kinerja guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kroya Kec. Panguragan Kab. Cirebon. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran, bahwa manusia di ciptakan di atas muka bumi sebagai pemimpin. Kepala madrasah sebagai pemimpin di lembaga pendidikan Islam yang memiliki tujuan, pengetahuan, kecakapan, tanggung jawab dan berwewenang serta berkewajiban memberikan pembinaan kepada para gurunya, karena guru merupakan salah satu faktor yang memegang peranan sangat penting dan berpengaruh dalam pelaksanaan proses pembelajaran disamping faktor-faktor lain yang berhubungan dengan unsur-unsur pendidikan yang saling mempengarui dalam proses belajar-mengajar diantaranya; guru, siswa, tujuan atau kurikulum, metode, alat peraga atau media, dan evaluasi, dan pada akhirnya memperoleh hasil belajar atau prestasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif menggunakan rumus korelasi Product Moment, untuk mengetahui pengaruh antara kepemimpinan kepala madrasah (variabel X) dan kinerja guru dalam pembelajaran (variabel Y). Berdasarkan hasil penelitian ini, angka korelasi antara pengaruh kepemimpinan kepala madarasah terhadap guru di MIN Kroya, mendapat 0,97 artinya terdapat korelasi yang sangat tinggi. Sedangkan besaran pengaruh kepemimpinan kepala madarasah dalam proses pembelajaran terhadap guru mencakup orientasi tugas dan orientasi hubungan antar personal, hasilnya sangat signifikan yaitu 94,09 % (sangat baik). Sehingga adanya kinerja guru yang efektif dan baik tentunya karena kepala madrasah menjalankan kepemimpinan yang baik pula.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:10
Last Modified: 07 Jun 2017 01:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item