Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan UMKM Melakukan Pembiayaan Di KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera KCP Arjawinangun

Lisalatun Soliha, (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan UMKM Melakukan Pembiayaan Di KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera KCP Arjawinangun. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lisalatun Soliha. NIM: 1708203101, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN UMKM MELAKUKAN PEMBIAYAAN DI KSPPS AL-ISHLAH MITRA SEJAHTERA KCP ARJAWINANGUN”, 2021. Berangkat dari fenomena dimana masih banyaknya UMKM di Kabupaten Cirebon yang kekurangan modal dan belum bisa mengakses pembiayaan lewat bank. Maka dibutuhkanlah lembaga keuangan yang memudahkan para UMKM seperti KSPPS. Akan tetapi KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera memiliki masalah terkait operasionalnya, yaitu jika pengaju pembiayaan jaraknya jauh dari KSPPS maka pembiayaan akan cendenrung ditolak. Sehingga hal tersebut bisa mengakibatkan ketidak puasan atau tidak terpenuhinya keinginan untuk mendapatkan pembiayaan dan jika ketidak puasan tersebut tersebar bisa mengakibatkan persepsi yang tidak baik terhadap kualitas pelayanan dan citra perusahaan yang ada. Sehingga pada akhirnya para UMKM tidak tahu lagi kemana untuk bisa mendapatkan pembiayaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu UMKM pasar Arjawinangun yang menjadi anggota pembiayaan di KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera KCP Arjawinangun, dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji F (simultan), serta uji koefisien determinasi (R2) dengan alat uji menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan UMKM dalam melakukan pembiayaan di BMT sebesar 6,74% serta terdapat pengaruh posistif dan signifikan antara citra perusahaan terhadap kepuasan UMKM dalam melakukan pembiayaan di KSPPS AIMS sebesar 7,33%. Secara simultan kualitas pelayanan dan citra perusahaan bersama-sama mempengaruhi kepuasan UMKM dalam melakukan pembiayaan di KSPPS AIMS dengan kontribusi sebesar 14%. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan. ABSTRACT Lisalatun Soliha. NIM: 1708203101, "EFFECT OF SERVICE QUALITY AND COMPANY IMAGE ON THE SATISFACTION OF MSMES FINANCING IN KSPPS AL-ISHLAH MITRA SEJAHTERA KCP ARJAWINANGUN", 2021. Departing from the phenomenon where there are still many MSMEs in Cirebon regency that lack capital and have not been able to access financing through banks. Therefore, it is necessary for financial institutions to facilitate MSMEs such as KSPPS. However, KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera has problems related to its operations, namely if the driver of financing is far from KSPPS then the financing will be rejected cendenrung. So that it can result in dissatisfaction or unfulfilled desire to get financing and if the dissatisfaction is spread can result in a bad perception of the service quality and the company image. So in the end, the MSMEs do not know where else to get financing. This study uses quantitative methods using data collection techniques through questionnaires, observations, and interviews. The population in this study is MSMEs Arjawinangun market which is a member of financing in KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera KCP Arjawinangun, with a sample number of 70 people. The data analysis techniques used are descriptive analysis, statistical analysis consisting of validity test, reliability test, classic assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test in the form of t test (partial) and F test (simultaneous), as well as determination coefficient test (R2) with test tool using SPSS version 25 application. The results of this study showed there is a positive and significant influence between the service quality to the satisfaction of MSMEs in financing in KSPPS AIMS by 6.74% and there is a positive and significant influence between the company's image to the satisfaction of MSMEs in financing in KSPPS AIMS by 7.33%. Simultaneously the service quality and the company image together affect the satisfaction of MSMEs in financing in KSPPS AIMS with a contribution of 14%. Keywords: Service Quality, Company Image, Satisfaction.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:11
Last Modified: 26 Aug 2021 01:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item View Item