PERANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI DI MAN 2 KOTA CIREBON

Sabda Ramdhan A, (2012) PERANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI DI MAN 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340038_SABDA RAMDHAN A 07440502_-ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sabda Ramdhan A : Peranan Bimbingan Belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi di MAN 2 Kota Cirebon Pentingnya bimbingan belajar di sekolah menengah pada saat ini sangat diperlukan untuk mengantarkan anak didik kearah kedewasaan. Karenanya sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang memerlukan tenaga pembimbing yang professional. Di mana pembimbing tidak hanya menguasai bahan pelajar, tetapi juga menguasai nilai-nilai yang terdapat dalam pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut maka siswa dipengaruhi oleh proses pembimbing. Di antara pertimbangan pokok yang mendasari pembahasan tersebut adalah persoalan ini merupakan persoalan esensial. Sebab terletak di tangan pembimbing kemungkinan berhasil atau tidak pencapaian belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejauh mana Peranan Bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MAN 2 Kota Cirebon, untuk mengetahui tentang prestasi belajar siswa setelah mengikuti bimbingan belajar MAN 2 Kota Cirebon, Untuk mengetahui Sejauhmana Peningkatan prestasi belajar siswa setelah mengikuti bimbingan belajar MAN 2 Kota Cirebon ? Membahas tentang peranan bimbingan belajar sekolah tidak terlepas dari proses belajar mengajar dalam proses antara pembimbing dan siswa bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Secara definitif bimbingan belajar adalah orang yang pekerjaannya mengajar dan mendidik serta sebagai pembimbing, sedangkan siswa atau anak adalah yang sedang belajar. Sedangkan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, angket dan dokumentasi guna untuk mengetahui data dari masing-masing variabel, untuk variable X adalah peranan bimbingan belajar dan Variabel Y prestasi belajar siswa. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rumus produck moment. Dari hasil penelitian lapangan diperoleh kesimpulan bahwa peranan bimbingan Belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil koefesien korelasi yang menunjukkan angka cukup 0,59 nilai tersebut pada jarak 0,400 sampai 0,600 dengan interprestasi cukup. Jadi dari keterangan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa faktor bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 0.59 dengan interprestasi cukup atau sedang. Bahwa peranan bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 2 Kota Cirebon diperoleh ttabel dengan df (degree of freedom) sebanyak n – 2 sebesar 4,303. ini berarti bahwa variabel bimbingan belajar (X) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y) pada mata pelajaran IPS Ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:12
Last Modified: 07 Jun 2017 02:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item