PENGARUH FAKTOR INTELLIGENCE QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA CIREBON

SILVI PRATAMA NIA, (2012) PENGARUH FAKTOR INTELLIGENCE QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340039_Silvi Pratama Nia 58440965__ok.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

SILVI PRATAMA NIA (58440965), “ Pengaruh Faktor Intelligence Quotient dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 4 Kota Cirebon”. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Banyak faktor yang mempengaruhi belajar, salah satunya adalah inteligensi. Berdasarkan studi pendahuluan mengenai taraf inteligensi dengan nilai ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Cirebon, menunjukkan terdapat sebagian siswa yang taraf inteligensinya tinggi tetapi memperoleh nilai rendah, demikian juga sebaliknya terdapat sebagian siswa yang taraf inteligensinya rendah tetapi memperoleh nilai yang lebih tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan data faktor intelligence quotient siswa kelas X SMA Negeri 4 Cirebon; (2) Mendeskripsikan data motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Cirebon; (3) Mendeskripsikan data prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Cirebon; (4) Mengkaji pengaruh faktor intelligence quotient dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Cirebon. Inteligensi adalah kemampuan umum seseorang untuk bertindak dengan tujuan tertentu, berfikir secara rasional, dan menyesuaikan diri dengan cara yang tepat. Tingkat Inteligensi seseorang dapat dilihat dari hasil tes inteligensi yang di kenal dengan intelligence quotient. Sedangkan motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak yang menjadi kekuatan pada individu yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan seluruh tingkah laku sehingga diharapkan tujuan belajar dapat tercapai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan perhitungan prosentase dan multiple linier regresi. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa secara parsial faktor intelligence quotient dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari t hitung masing-masing sebesar 1,153 dan 2,475, dengan tingkat signifikansi 0,026 dan 0,018. Berdasarkan analisis data, juga diperoleh nilai F sebesar 5,708 dengan tingkat signifikansi 0,007 (p < 0,05). Hal ini berarti bahwa secara bersama faktor intelligence quotient dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Selain nilai F, diperoleh juga nilai R square sebesar 0,226, yang berarti bahwa 22,6% prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intelligence quotient dan motivasi belajar, sedangkan sisanya sebesar 77,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:15
Last Modified: 07 Jun 2017 02:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item