EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF ( COOPERATIVE LEARNING ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB BAB UANG DAN PERBANKAN PELAJARAN EKONOMI (PTK pada siswa kelas X2 di MAN Ciledug)

LESMANA ANGGA S, (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF ( COOPERATIVE LEARNING ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB BAB UANG DAN PERBANKAN PELAJARAN EKONOMI (PTK pada siswa kelas X2 di MAN Ciledug). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340040_lesmana angga saputra__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

LESMANA ANGGA S : Efektifitas Penggunaan Strategi Pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi (PTK pada siswakelas 2 di MANCiledug) Proses pembelajaran yang dilakukan guru selama ini bisa dikatakan kurang efektif dan cenderung monoton, hal ini diketahui dari stategi yang digunakan guru hanya berkisar kepada ceramah dan pembelajaran verbal tak terkecuali pada kelas X2 di MAN Ciledug, hal ini terlihat ketika dalam sebuah pembelajaran masih banyak siswa yang kurang fokus dalam belajar, mengantuk dan mengobrol. Dalam pembelajaran yang digunkan guru juga dikatakan hanya pembelajaran dua arah sehingga siswa menjadi kurang aktif, hal ini terbukti ketika guru melamparkan pertanyaan pada siswa, siswa masih banyak yang kurang menangkap materi yang sudah diajarkan oleh guru dan upaya untuk meningkatkan terlaksananya kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kretifitas pada siswa dan tidak terjadi pembelajaran yang monoton, kreatif, inovatif itu diadakannya strategi pembelajaran yang akan digunakan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Tujuan penelitian ini didesain untuk mengetahui respon siswa, meningkatkan hasil belajar, dan mengetahui keaktifan siswa dalam belajar ekonomi melalui strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning) di kelas X2 MAN Ciledug. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas X2 MAN Ciledug yang berjumlah 40 siswa. Strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning) adalah proses belajar mengajar yang melibatkan penggunaan kelompok-kelompok kecil yang memungkinkan siswa untuk bekerja sama didalamnya guna memaksimalkan pembelajaran mereka sendiri dan pembelajaran satu sama lain, idenya sederhana tapi setelah bekerjasama mereka dapat saling bertukar pengetahuan dan pengalaman yang belum diketahui sebelumnya. Usaha yang kooperatif seperti ini akan membuat siswa berusaha untuk saling memberikan manfaat terhadap satu sama lain sehingga membuat semua anggota menerima manfaat dari usaha masing-masing anggotanya (keberhasilanmu menguntungkan bagiku dan keberhasilanku menguntungkan bagimu) . Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan meneliti ada tidaknya perubahan yang signifikan, penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan belajar pada hal ini adalah peningkatan presentase siswa yang memperoleh nilai 65 ≥ atau jumlah siswa yang belajar tuntas meningkat, Yang di peroleh pada siklus I 52.5%, siklus II 85% dan siklus ke III 95 %. Kesimpulannya dari penelitian bahwa strategi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X3 di MAN Ciledug, dan saran dari penelitian ini adalah hendaknya strategi pembelajaran kooperatif dapat digunakan dalam pelajaran ekonomi atau bahkan bisa digunakan pada pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:18
Last Modified: 06 Jun 2017 06:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item