PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII MTs SA Al-Ma’rifah Kec. Gempol Kab. Cirebon)

USWATUN HASANAH, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII MTs SA Al-Ma’rifah Kec. Gempol Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340041_USWATUN HASANAH_58440973__ok.pdf

Download (947kB) | Preview

Abstract

USWATUN HASANAH : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARAYANGMENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPS. (Sudi Eksperimen Siswa Kelas VII MTs SA Al-Ma’rifah Kec. Gempol Kab. Cirebon) Dari hasil observasi di MTs SA Al-Ma’rifah Gempol, dalam pembelajarannyasiswa merasa jenuh/bosan, tidak termotivasi, malas berfikir dan kesulitan memahami materi yang di sampaikan guru. Salah satu upaya untuk mengatasi rasa jenuh/bosan dan malas berfikir siswa yaitu dengan MetodepembelajaranMake A Match. Sehingga membantu siswa dalam memahami materi IPS dengan baik, supaya pembelajaran lebih efektif dan efesien. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuihasilbelajarsiswa yang menggunakanMetodepembelajaranMake A Match, untukmengetahuihasilbelajarsiswa yang menggunakanMetodepembelajaranKovensional,untukmengetahuiperbedaanhasilbelaj arsiswa yang menggunakanMetodepembelajaranMake A MatchDengan yang menggunakanMetodepembelajaranKonvensionaldalampembelajaran IPS di kelas VII MTs SA Al-Ma’rifahGempol. Penentuanmetodepengajaransecaratepatdandisesuaikandenganmateri, memungkinkansiswauntukbelajarlebihbaik.MetodepembelajaranMake A Match sebagaimetodedalampembelajaran IPS yang membuatsiswamenjadiaktifdanmemotivasisiswadalambelajarsehinggasiswamampum emahamimateridenganbaikdandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.SedangkanMetod ePembelajaranKonvensionalmerupakanmetode yang pengajarannyadidominasiolehsatu guru sehinggasiswamenjadipasif. Metodepenelitianinimengggunkanmetodeeksperimendilakukan di MTs SA Al-Ma’rifahGempolKab. Cirebon. Dengansampel yang terdiridarikelas VII-A dankelas VII-B sebanyak 60 siswa.Kelas VIIAadalahkelaseksperimensedangkankelas VII-B adalahkelaskontrol. Tehnikpengumpulan data yang digunakanadalahdenganobservasi, instrument test, danwawancara. Data yang diperolehkemudian di analisisdenganmenggunakanujistatistikindependent samples test. Hasilbelajar IPS siswa yang menggunakanMetodepembelajaranMake A Matchmenggunakankategoribaikdenganskor rata-rata eksperimenyaitusebesar 77,33dengankategoribaik. Hasilbelajar IPS yang menggunakanMetodepembelajaranKonvensionalmenunjukankategoricukupdengansk or rata-rata hasilkontrolyaitu 63,33dengankategoricukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:21
Last Modified: 07 Jun 2017 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item