UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs WATHONIYAH GINTUNG LOR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Siti Rochayah, (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs WATHONIYAH GINTUNG LOR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340042_siti rochayah_58440968__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Rochayah (58440968) : “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs Wathoniyah Gintung Lor Tahun Pelajaran 20011 /2012” Selama ini proses pembelajaran masih bersifat teacher centered, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga kurangnya keaktifan siswa dalam saat pembelajaran. Salah satu alternatip pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, adalah metode Strategi Pembelajaran Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) di mana metode ini memberikan manfaat bagi siswa, sehingga siswa terlibat secara penuh dalam proses pemecahan masalah, menjawab pertanyaan yang diajukan secara reflektif. Oleh karenan itu, dalam pembelajaran kegiatan perekonomian Indonesia peneliti menerapkan pembelajaran dengan metode Strategi Pembelajaran Peingkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan metode Strategi Pembelajarn Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB), untuk memperoleh data mengenai hasil belajar siswa yang menggunakan Strategi Pembelajran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB), untuk memperoleh data tentang peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaaran IPS Ekonomi di MTs Wathoniyah Gintung Lor . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metodologi yang di gunakan yaitu Penelitian Tindakan Telas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dengan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan pembelajaran, pelaksananaan tindakan, obserfasi dan revleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi , Tes dan Wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Wathoniyah Gintung Lor yang berjumlah 43 siswa dari kelas VIII B yang digunakan adalah metode tes metode SPPKB Sebanyak 25 item . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebanyak tiga siklus. Hasil belajar pada ranah kognitif yang dilakukan berdasarkan nilai tes pada tiap siklus siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik. Siklus 1 sebanyak 74,41 % tuntas belajar dengan nilai rata – rata hasil post tes 6,86, siklus 2 sebanyak 83,72 % tuntas belajar dengan nilai rata – rata hasil post tes 6,88 , siklus 3 sebanyak 90,69 % tuntas belajar dengan rata – rata hasil post tes 7,67 . Rata – rata hasil evaluasi belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir cukup baik yaitu sebanyak 90,69% tuntas belajar dengan rata – rata hasil evaluasi belajar adalah 8,11.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:23
Last Modified: 07 Jun 2017 02:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item