PENGARUH PENERAPAN PUNISHMENT (HUKUMAN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI IPS DI MTs RABITHATUL ULUM KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU

SUKRON, (2012) PENGARUH PENERAPAN PUNISHMENT (HUKUMAN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI IPS DI MTs RABITHATUL ULUM KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340043_sukron_07449153__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SUKRON “PENGARUH PENERAPAN PUNISHMENT (HUKUMAN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI IPS DI MTs RABITHATUL ULUM KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU” Pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan masa depan suatu bangsa. Guru berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal dan mengarahkan anak didik agar mencapai akhir yang sempurna. Segala usaha atau perbuatan yang dilakukan oleh pendidik terhadap anak didiknya, seperti melarang, memberi perintah, menasehati dan menghukum merupakan bagian pekerjaan mendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan punishment (hukuman) dalam pembelajaran IPS di MTs Rabithatul Ulum Krangkeng Kabupaten Indramayu, untuk mengetahui prestasi belajar siswa bidang studi IPS di MTs Rabithatul Ulum Krangkeng Kabupaten Indramayu dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan punishment terhadap prestasi belajar siswa bidang studi IPS di MTs Rabithatul Ulum Krangkeng Kabupaten Indramayu. Punishment yang dilakukan guru bidang studi IPS dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap diri peserta didik, diantaranya peserta didik selalu masuk kelas dengan tepat waktu, selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, terdorong untuk berbuat baik dan tidak sedikit siswa yang mencapai prestasi belajar yang minimum. Hal ini dapat dilihat dari nilai skor sebesar 84,66%. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Rabithatul Ulum Krangkeng Kabupaten Indramayu rata-rata sebesar 76.6 dengan kriteria cukup baik. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Rabithatul Ulum Krangkeng Kabupaten Indramayu. Adapun data yang dibutuhkan dalam penyusunan skripsi ini ada dua, pertama data teoretik yang diperoleh dari sejumlah buku dan literatur lainnya yang ada hubungannya dengan judul skripsi untuk dijadikan sumber rujukan, kedua data empirik yang diperoleh melalui terjun langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik angket, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian adalah pengaruh penerapan punishment (hukuman) diperoleh sebesar 84,66% kriteria baik dan prestasi belajar siswa sebesar 76,6 dengan kriteria cukup baik. Besarnya pengaruh punishment dalam pembelajaran yaitu 0,462% berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Adapun hasil uji regresi sederhana diperoleh thitung sebesar 2,756 sedangkan ttabel 1,701, karena thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan punishment terhadap prestasi belajar siswa bidang studi IPS di MTs Rabithatul Ulum Krangkeng Kabupaten Indramayu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:26
Last Modified: 07 Jun 2017 02:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item