UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU MELALUI COOPERATIVE LEARNING METODE LISTENING TEAM DI MTs KHAS KEMPEK PALIMANAN CIREBON (Penelitian Tindakan Kelas)

IMAM SYAFI’I, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU MELALUI COOPERATIVE LEARNING METODE LISTENING TEAM DI MTs KHAS KEMPEK PALIMANAN CIREBON (Penelitian Tindakan Kelas). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340044_imam syafi'i_58440812__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

IMAM SYAFI’I : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Cooperative Learning Metode Listening Team Pada Pembelajaran IPS Terpadu di MTs KHAS Kempek palimanan Cirebon. Dalam pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) siswa perlu menguasai sejumlah keterampilan seperti membaca, memecahkan sebuah masalah, keterampilan menafsirkan materi yang diajarkan oleh guru, menyampaikan buah pikiran secara lisan atau tulisan, serta keterampilan bekerja sama ketika belajar, agar dalam hasil belajar yang diperoleh siswa merata. Masalah yang ada/muncul itu bahwa kebanyakan guru menggunakan metode ceramah dan penugasan. Siswa hanya dijadikan sebagai objek belajar bukan sebagai subjek belajar. Oleh karena itu siswa vakum dalam belajar dan hal ini akan memberikan efek hasil belajar menurun (dibawah KKM) dengan sebab semangat dalam belajar menurun/jenuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penerapan Cooperative Learning Metode Listening Team dan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta peningkatannya pada mata pelajaran IPS di MTs KHAS Kempek Palimanan Cirebon. Pada gilirannya siswa berani bertanya serta menjawab masalah yang ada pada setiap pembelajaran dari guru dengan mengemukakan pendapatnya sehingga belajar akan berjalan dengan penuh keseriusan dan tidak adanya unsur monoton/vacum dalam belajar IPS karena yang menjadi objek belajar adalah siswa, sedangkan guru hanya memantau aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini didasarkan atas pemikiran bahwa belajar merupakan suatu keharusan bagi semua elemen (siswa/pelajar). Untuk menuju hasil yang maksimal, tidak terlepas dari suatu metode yang relevan dalam proses pembelajaran agar hasil belajar siswa memuaskan, sehingga siswa mampu memecahkan permasalahan yang ada, dan berketerampilan (bertanya,menjawab,menjabarkan materi guru, dan mampu bekerjasama serta bertukar pendapat dalam proses belajar). Karena hal ini dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh sisiwa. Melalui penerapan metode ini Cooperative Learning Metode Listening Team (CLMLT) diharapkan siswa akan lebih aktif dalam meng-eksplorasi potensinya dan dapat meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengacu kepada apa yang dilakukan seorang guru di dalam kelas untuk memperbaiki proses pembelajaran. Dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui tes, observasi, angket. Hasil dari penelitian dengan menggunakan Cooperative Learning Metode Listening Team di MTs KHAS Kempek palimanan Cirebon termasuk dalam kategori baik kerena dari perhitunan angket tentang penerapan Cooperative Learning Metode Listening Team mencapai prosentase 68,25% (sebagian seluruhnya). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu termasuk dalam kategori sangat baik kerena mencapai rata-rata kelas sebesar 80,37 dengan ketuntasan belajar 87%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:29
Last Modified: 06 Jun 2017 04:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item