UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 1 JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN

Atri Khodijah M., (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 1 JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340045_ATRI KHODIJAH MEGASARI (58440944)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Atri Khodijah M. (58440944) : “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP N 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan” Skripsi ini dilatar belakangi oleh temuan di lapangan dimana kondisi kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jalaksana memiliki karakteristik lingkungan belajar yang relatif sangat mendukung untuk proses belajar mengajar. Hal ini dikarenakan letak SMP Negeri 1 Jalaksana tidak jauh dari jalan Kabupaten, lokasi sekolahnya juga tidak begitu ramai dari pemukiman penduduk. Hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Jalaksana khususnya di kelas VII menunjukan hasil belajar yang relatif baik. Namun, dalam tata letak kelas tidak strategis, karena letak kelas VII sangat berdekatan dengan lapangan basket, kondisi di dalam kelas kurang mendukung seperti pengaturan tempat duduk, penempatan alat kebersihan yang kurang baik dan kurangnya kesadaran guru untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Tujuan peneliti an ini adalah untuk memperoleh kejelasan data tentang (1) Pemanfaatan Lingkungan Belajar dalam proses belajar IPS kelas VII di SMP N 1 Jalaksana-Kuningan (2)Respon siswa kelas VII di SMP N 1 Jalaksana-Kuningan terhadap pembelajaran dengan menggunakan media lingkungan pada mata peajaran IPS (3) Hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP N 1 Jalaksana-Kuningan dengan pemanfaatan lingkungan belajar. Lingkungan belajar merupakan suatu konteks fisik, sosial, dan psikologis yang dalam konteks tersebut anak belajar dan memperoleh perilaku baru. Pengakuan popular akan peran guru dalam memanfaatkan lingkungan belajar baik fisik maupun non fisik dalam proses belajar mengajar khususnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa sangatlah lazim dilakukan karena untuk menciptakan kondisi pemebelajaran yang kondusif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif didapat melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Untuk data kualitatif didapat melalui penyebaran lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan lingkungan belajar pada mata pelajaran IPS telah dilakukan dan diterapkan oleh guru IPS di SMP N 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan, ini terlihat jelas dengan hasil yang diperoleh adalah 47,25% (cukup). Respon siswa kelas VII di SMP N 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan terhadap pembelajaran dengan menggunakan media lingkungan pada mata pelajaran IPS responya baik, ini terlihat jelas dengan hasil yang diperoleh adalah 44,5% (cukup). Hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 1 Jalaksana Kabupaten dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar lebih meningkat hal ini dinyatakan oleh guru mata pelajaran IPS kelas VII sendiri melalui proses wawancara, dan hal ini juga terlihat jelas dari data hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:35
Last Modified: 06 Jun 2017 02:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item