PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MENANGANI PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR DI KEC. WIDASARI KAB. INDRAMAYU (Studi Kasus di KUA Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu Tahun 2011-2012)

FATHURROHMAN, (2013) PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MENANGANI PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR DI KEC. WIDASARI KAB. INDRAMAYU (Studi Kasus di KUA Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu Tahun 2011-2012). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FATHURROHMAN_59310070_OK-min.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

FATHURROHMAN : Peran Kantor Urusan Agama (KUA) Dalam NIM. 593. 100.70 Menangani Pernikahan di Bawah Umur (Studi Kasus di KUA Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu Tahun 2011-2012) Dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 pasal 1, bahwa pernikahan ialah ikatan lahir bathin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan yang Maha Esa. Namun pernikahan dapat diperbolehkan menurut Undang- Undang jika pernikahan tersebut dilakukan oleh lembaga yang mempunyai wewenang penuh. Untuk mengetahui sampai sejauh mana akibat hukum suatu pernikahan, maka perlu diketahui peran dari lembaga tersebut sehubungan dengan lengkap atau tidaknya rukun dan syarat yang wajib ada di dalamnya. Dalam penelitian ini dirumuskan masalah yang terkait dengan judul tersebut, yakni: Berapa tingkat perkembangan pernikahan di bawah umur di Kecamatan Widasari Kabupaten indramayu?. Apa penyebab pernikahan di bawah umur di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu?. Bagaimana peran KUA dalam menangani kasus pernikahan di bawah umur di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan laju perkembangan pernikahan di bawah umur di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu. Untuk mendeskripsikan sebab-sebab yang menimbulkan terjadinya pernikahan di bawah umur di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu. Untuk mendeskripsikan peran KUA dalam menangani kasus pernikahan di bawah umur di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis memilih penelitian lapangan (observasi) dengan metode kualitatif sebagai upaya penelitian untuk mendapatkan data deskriptif yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata ataupun lisan yang kemudian dianalisis, namun lebih dahulu melalui editing data dan klasifikasi data, sehingga terlihat permasalahan yang akan diteliti. Penelitian ini dilakukan di KUA Kecamatan Widasari Kabupaen Indramayu. Dari hasil penelitian ini ada beberapa kesimpulan sebagai berikut: Pertama dari hasil penelitian, indikasi laju perkembangan pernikahan di bawah umur dari tahun 2011 s/d 2012 mengalami peningkatan. Kedua dari hasil penelitian faktor penyebab pernikahan di bawah umur yang paling dominan adalah hamil sebelum menikah. Ketiga peran KUA dalam menangani pelanggaran terhadap Undang-Undang pernikahan di bawah umur, maka KUA mengeluarkan N9, N5 dan N8.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:53
Last Modified: 12 Jun 2017 01:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item