RESPON SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES BELAJAR (Di SMK Grogol Kapetakan Kelas X Informatika 1 Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2011/2012 )

ANTON HARTONO, (2012) RESPON SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES BELAJAR (Di SMK Grogol Kapetakan Kelas X Informatika 1 Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2011/2012 ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340048_anton hartono_06440679__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANTON HARTONO. 2012. Respon Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Belajar (Di SMK Grogol Kapetakan Kelas X Informatika 1 Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2011/2012) Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas,Pasal 1 ayat 1:Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan diri, keprinadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru berarti pula penyediaan belajar bagi siswa. Terkait dengan hal tersebut guru perlu memahami modus atau pola pengalaman belajar siswa dan kemungkinan hasil belajar yang dicapai siswa. Tidak harus pandai bidang kognitifnya saja tetapi berimbang dengan ketrampilan yang diharapkan. di dalam proses pembelajaran penerapan memberdayakan semua potensi yang dimiliki anak merupakan suatu usaha agar mereka mampu meningkatkan pemahamannyab terhadap fakta dan konsep serta prinsip dalam kajian ilmu yang dipelajarinya dapat terlihat dalam kemampuannya untuk berfikir logis, kritis, dan kreatif. Tujuan penulisan ini :.Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah memperoleh data tentang :Untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran dengan pendekatan Keterampilan Proses,Untuk mengetahui Respon Siswa Terhadap Pembelajaran dengan IPS,Untuk mengetahui Respon Siswa dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Keterampilan Proses Belajar merupakan salah satu “sub-system” dalam “sistem pembelajaran IPS”, yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. cara yang dianggap efisien yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan suatu mata pelajaran IPS kepada siswa-siswa agar tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya dalam proses kegiatan pembelajaran IPS dapat tercapai dengan efektif. Pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan teknik observasi, wawancara, angket ,Studi Pustaka,Studi dokumentasi,dan teknik Pengumpulan data di lakukan Instrukmen . Instrukmen Penelitian ini di uji validitas Dan reabilitas dan di analisis data Rumus Presentase rating scale. Dari hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Pada Pembelajaran IPS sudah cukup baik dengan hasil menyatakan ya sebesar 59,5%, sedangkan responden yang menjawab kadang-kadang sebesar 31,9%, dan responden yang menjawab tidak adalah 8,9%. Artinya Respon Siswa Pada Pembelajaran IPS temasuk kedalam kriteria cukup baik.sebesar 59,5%. sedangkan pendekatan keterampilan proses belajar bahwa responden yang menyatakan ya sebesar 2,29%, sedangkan responden yang menjawab kadangkadang sebesar 7,03%, dan responden yang menjawab tidak adalah 5,71%. Artinya Pendekatan Keterampilan Proses belajar kriteria Tidak baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:54
Last Modified: 06 Jun 2017 01:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item