PENERAPAN METODE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP PLUS RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN INDRAMAYU (PTK Kelas VII di SMP Plus Raudlatul Muta’allimin)

NUR’AENI, (2012) PENERAPAN METODE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP PLUS RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN INDRAMAYU (PTK Kelas VII di SMP Plus Raudlatul Muta’allimin). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340050_NUR'AENI (58440916)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

NUR’AENI : “ Penerapan Metode Quick On The Draw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Plus Raudlatul Muta’allimin Indramayu”. Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia. Pendidikan dalam prakteknya berkaitan erat dengan belajar yaitu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Guru juga mempunyai peranan penting untuk menentukan keberhasilan pendidikan, karena guru harus bisa membangkitkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Plus Raudlatul Muta’allimin Indramayu ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS menurun dengan melihat banyaknya hasil belajar siswa dibawah nilai KKM dikarenakan dalam pembelajaran IPS model pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya metode klasik yaitu metode ceramah dan metode penugasan saja dan kurangnya fasilitas seperti sumber belajar sehingga siswa hanya mengandalakan referensi dari guru. Tujuan penelitian disini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode quick on the draw pada mata pelajaran IPS dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, untuk mengetahui bagaimana peningkatan dan hasil belajar siswa terhadap penerapan metode quick on the draw. Kerangka pemikiran yang mendasari penelitian dalam skripsi ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode quick on the draw dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan kolaborasi dan menciptakan kerjasama antar siswa, meningkatkan minat dan motivasi siswa sehingga meningkatnya hasil belajar siswa. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sesuai dengan masalah tersebut, data yang digunakan berupa hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisa ini bertujuan untuk menganalisis data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penelitian tes. dalam analisis ini data yang dianalis oleh peneliti adalah data tes hasil belajar siswa sesudah diterapkan metode quick on the draw. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara siklus satu sampai siklus tiga. Analisis data tentang kemampuan guru dalam pengelolaan metode ini adalah sebesar 86,6% yang berarti “sangat baik”, sedangkan untuk aktivitas siswa selama peggunaan metode ini adalah sebesar 85,5% yang berarti juga sangat baik, dan untuk hasil belajar siswa selama penggunaan metode ini mengalamai peningkatan dari siklus satu dengan nilai rata-rata 51,2 menjadi 82,4 pada siklus tiga yang diambil dari nilai rata-rata. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode quick on the draw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada konsep kegiatan pokok ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:12
Last Modified: 07 Jun 2017 01:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item