PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH (PTK Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kedokanbunder)

USWATUN HASANAH, (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH (PTK Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kedokanbunder). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340052_USWATUN HASANAH (58440972)__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

USWATUN HASANAH (58440972); ”PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH (PTK Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kedokan)”. Pemilihan metode yang tepat akan membawa siswa pada cara yang tepat sehingga pemahaman siswa juga optimal. Metode yang penulis teliti adalah metode cooperative script, metode dimana siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian untuk mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Adapun masalah yang terjadi dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS tidak memuaskan, bahkan dibawah KKM yang terapkan oleh sekolah, sehingga peneliti menerapkan metode cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa IPS kelas VII A SMPN 1 Kedokanbunder dan bagaimana aktivitas siswa dengan diterapkannya metode cooperative script pada mata pelajaran IPS Sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan model cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedokanbunder dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedokan setelah mengikuti pembelajaran IPS Sejarah dengan model cooperative script. Pembelajaran cooperative script, dilakukan agar terjadi interaksi siswa untuk berdiskusi, penyampaikan pendapat ide-ide pokok materi dan membuat kesimpulan bersama. Dan pembelajaran cooperative script ini akan membuat siswa aktif selama kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran karena dalam metode ini potensi yang dimiliki siswa benar-benar diberdayakan untuk mengaktualisasikan pengetahuan yang telah didapatkan dan juga keterampilannya, jadi sesuai jika digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS . Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), instrumen penelitian atau metode yang digunakan adalah: lembar observasi Keaktifan Siswa dengan model cooperative script, pedoman wawancara guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Kedokanbunder, dan objek dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Kedokanbunder. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah dengan rata-rata persentase dari 60,69% menjadi 87%. Berdasarkan rincian keaktifan siswa dalam pembelajaran menunjukkan pada siklus I sebesar 60,69% meningkat pada siklus II sebesar 78,37% dan siklus III sebesar 87,31%. Dilihat dari hasil yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran IPS Sejarah juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas dalam pembelajaran mencapai 51,16%, pada siklus II sebesar 69,77% dan pada siklus III meningkat menjadi 81,40%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:18
Last Modified: 07 Jun 2017 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item