IMPLEMENTASI HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon)

NASIKIN, (2012) IMPLEMENTASI HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340056_nasikin_58440823__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NASIKIN: IMPLEMENTASI HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PTK DI SMP NEGERI 1 KALIWEDI KABUPATEN CIREBON) Kreativitas guru sangat dibutuhkan, terutama dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), yang kaya akan ketrampilan dan berbagai makna dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu seorang guru harus benar-benar dituntut untuk kreatif inovatif dalam mengajar IPS sehingga kualitas dan hasil dalam pembelajaran meningkat. Kenyataan di lapangan menunjukan adanya kondisi yang memprihatinkan. Banyak guru yang belum melaksanakan salah satu perannya yang begitu penting, yaitu sebagai peneliti (reseacher) dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilanya dalam mengajar. Saat guru menemukan masalah dalam pembelajaran, khususnya dengan anak didiknya, seperti ribut di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung, rendahnya hasil belajar, kurangnya motivasi belajar, sehingga hal ini berdampak kepada menurunya hasil belajar siswa. Atas dasar inilah penulis terdorong untuk melakukan penelitian tentang implementasi hypnoteaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi hypnoteaching di SMP Negeri 1 Kaliwedi, memperoleh data mengenai hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Kaliwedi, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkanya pendekatan hypnoteaching dalam pembelajaran IPS. Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menurut beberapa ahli mengatakan bahwa dalam satu siklus terdiri atas empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dibutuhkan berupa data teoritik dan empirik. Data teoritik diambil dari sejumlah buku dan referensi lainnya. Sedangkan data empirik diambil dari hasil pengamatan (observasi). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon yang berjumlah 39 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini bisa dilihat dari hasil tes belajar siswa pada setiap siklusnya yaitu siklus I sebesar 61,5% siswa yang memenuhi ketuntasan. pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,6%, dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 92,3%. Dari hasil penelitian tersebut apat disimpulkan bahwa implementasi hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon. KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:25
Last Modified: 06 Jun 2017 07:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item