POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs SALAFIYAH DESA BODESARI KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Rasmini, (2021) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs SALAFIYAH DESA BODESARI KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: http://web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ABSTRAK Rasmini, 2021, 1708306003, POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs SALAFIYAH DESA BODESARI KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON. Pola asuh orang tua dan pendidikan, banyak problematika yang terjadi khususnya di bidang pendidikan. Salah satuya siswa mengalami kesulitan dalam belajar, tinggi dan rendahnya motivasi belajar, karena pola asuh orang tua yang berbeda. . Hal ini disebabkan karena suatu bangsa dipengaruhi dan berkaitan erat dengan adanya keberhasilan perkembangan. Dalam kegiatan sehari-hari disekolah, guru sering dihadapkan pada kenyataan bahwa siswa diberi pengetahuan dengan bahan pelajaran, waktu, tempat dan metode pembelajaran yang sama, namun hasil yang diperoleh setiap individu berbeda-beda, hal ini disebabkan dikarenakan sebagian siswa yang mengalami hambatan-hambatan dalam belajar. Baik dari dalam individu maupun luar, salah satu faktor yang berasal dari luar individu adalah lingkungan keluarga, pendidikan dalam keluarga merupakan basis pendidikan yang paling utama tergantung situasi peran keluarga tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orang tua, motivasi belajar siswa, dampak pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 8 MTs Salafiyah Desa Bodesari Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Kerangka teori dalam penelitian ini adalah mengambil teori dari Herzberg yaitu dua faktor yaitu faktor hygiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sampel sebanyak dua belas informan yaitu lima siswa, lima orang tua, satu wali kelas/guru, guru BK. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil ini menunjukkan (1) pola asuh orang tua berbeda-beda ada yang cenderung menggunakan pola asuh demokratis ada yang cenderung menggunakan pola asuh permisif. (2) setelah saya melakukan observasi dan wawancara, siswa sangat mempunyai motivasi belajar yang tinggi walaupun pola asuh orang tua nya berbeda. (3) pola asuh orang tua berpengaruh dan tidak berpengaruh. Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:36
Last Modified: 14 Sep 2021 00:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5286

Actions (login required)

View Item View Item